Ditangan Mahasiswa, 5 Bahan ini mampu Diubah Jadi Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 18 Unimal Sosialisasi pembuatan sabun cuci piring. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN PPM) Tim I Angkatan XXVI Kelompok 18 Universitas Malikussaleh melaksanakan sosialisasi dan Penyuluhan pembuatan sabun cuci piring di Meunasah Gampong Baroh Kuta Batee, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (10/9/2019). Sosialisasi ini dipandu oleh mahasiswi jurusan Teknik Kimia Angkatan 2016 yang bernama Serta Berutu.

"Sabun cuci piring ini berbahan dasar Texapon, Garam (NaCl), busa tepung (SLS), pewangi jeruk nipis, dan pewarna. Selain ramah lingkungan, sabun ini juga hemat biaya dalam pembuatannya, dalam ukuran sekali buat bisa menghasilkan kurang lebih 25 botol sabun cuci piring. Wow, fantastis bukan,"kata Serta Berutu kepada Unimalnews.

Mahasiswi asal Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara ini mengatakan pembuatan sabun ini dilakukan agar masyarakat bisa dan mengerti proses pembuatan sabun ramah lingkungan dan hemat biaya diskala Home Industry, selain itu dapat juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu rumah tangga sekaligus mengurangi angka pengangguran di Gampong Baroh Kuta Batee.

Sementara Humas KKN Kelompok 18 Ayu Dinda Parida berharap dengan adanya sosialisasi ini, pejabat Gampong mampu menggerakkan BUMG (Badan Usaha Milik Gampong) dengan memproduksi sabun tersebut.

"Kita berharap ini bisa dijadikan sebagai program BUMG di gampong Baroh Kuta Batee,"tuturnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar