Bahas Peringkat Webometric, Tiga Unit Kerja Unimal Lakukan Koordinasi

SHARE:  

Humas Unimal
Rapat Koordinasi UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal, UPT Pusat Komputer (Puskom) serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unimal, Selasa (10/9). FOTO : Ahmad Al Bastin

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Tiga Unit Kerja di Universitas Malikussaleh menggelar rapat koordinasi membahas tentang pemeringkatan webometric dan juga peningkatan publikasi, Selasa (10/9). Tiga Unit kerja tersebut adalah UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal, UPT Pusat Komputer (Puskom) serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Teuku Kemal Fasya, Kepala UPT Kehumasan di saat membuka  pertemuan menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Rapat Koordinasi ini adalah untuk membahas hal-hal yang diperlukan untuk menaikkan peringkat webometric Unimal hari ini. Webometric sendiri adalah rangking yang menilai situs sebuah lembaga.

Sementara itu Staf UPT Puskom , Rahmat menyampaikan bahwa ada 4 hal yang menjadi penilaian dalam perangkingan webometric  ini. Pertama adalah dari kunjungan ke halaman yang  website yang dimilki sebuah lembaga, baik itu domain dan subdomain. Kedua adalah visibility yaitu jumlah website yang tercantum pada website lain.

Ketiga adalah transparansi yaitu menghitung penulis  dari Unimal yang terindeks di Google Scholar (GS). Hal ini juga bisa didapat juga melalui penggunaan email berbasis unimal.ac.id yang  digunakan oleh penulis. Sedangkan yang keempat adalah Excellency yaitu dilihat dari publikasi dosen  atau peneliti Unimal yang terindeks di Scimago.  Indeks publikasi ini juga bisa didapat dengan jumlah (kutipan) dari artikel yang telah di publikasi oleh sebuah lembaga, terang Rahmat.

Ketua LPPM Unimal, Azhari menyampaikan, saat ini LPPM juga sedang berusaha untuk terus meningkatkan jumlah publikasi Unimal yang terindeks. Salah satu hal yang sedang dipersiapkan adalah pelaksanaan Konferensi Internasional pada November mendatang.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar