Di Gampong Tanjong, Mahasiswa KKN Olah Kelapa Muda Jadi Keripik

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN kelompok 55 Unimal membuat keripik dari kelapa muda bersama warga Gampong Tanjong. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Mahasiswa KKN kelompok 55 Universitas Malikussaleh membuat keripik dari kelapa muda bersama warga di Gampong Tanjong, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Rabu (11/09/2019).

Ketua Mahasiswa KKN Kelompok 55 Muhammad Nurul Amri kepada Unimalnews, Rabu (11/9/2019) mengatakan keripik kelapa merupakan inovasi terbaru dan menjadi lahan penunjang ekonomi bagi masyarakat Gampong setempat.

"Pembuatan keripik dari  kelapa muda bersama ibu- ibu Gampong Tanjong merupakan salah satu program kerja kelompok kami,"katanya.

Menurutnya, selama ini mereka kurang memanfaatkan kelapa muda untuk dikreasikan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Padahal di Gampong Tanjong sendiri kelapa muda sangat mudah didapatkan. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN termotivasi mengajak warga mengolah kelapa muda untuk dijadikan peluang usaha.  

"Pembuatan keripik dari  kelapa muda ini sangat mudah, hanya menggunakan  tepung terigu, tepung tapioka, telur dan  vanili serta  garam. Proses pembuatan keripik dimulai dengan mengiris kelapa kemudian dikeringkan. Setelah kering dicampur degan adonan yang telah disiapkan untuk selanjutnya digoreng,"sebutnya.

Sementara Yenny Novianti, selaku Dosen Pembimbing lapangan (DPL) menuturkan warga Gampong Tanjong sangat mendukung kreativitas mahasiswa KKN dalam program pengolahan kelapa muda menjadi keripik. Bahkan warga setempat berharap mahasiswa KKN dapat memberikan kreativitas-kreativitas lainnya kepada warga.

"Mahasiswa KKN mencoba memmanfaatkan potensi di Gampong Tanjong yang selama ini terabaikan, dengan pengolahan sehingga memiliki nilai dan berkualitas,"tuturnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar