Mahasiswa KKN 36 Unimal Ajari Ibu-ibu Cara Pembuatan Ranup Peuneuwo Linto Baroe

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 36 Unimal ajari ibu-ibu Cara Pembuatan Ranup Peuneuwo Linto Baroe. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Aceh Utara -  Mahasiswa KKN Kelompok 36 Universitas Malikussaleh adakan pelatihan pembuatan Ranup Peuneuwo Linto Baroe kepada ibu-ibu di Meunasah Gampong Nga, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, Rabu (11/9/2019).

Pelatihan itu dibimbing langsung oleh Yuni Rizki Rosmita salah satu mahasiswa dari program studi Antropologi fakultas Ilmu sosial dan Politik yang tergabung dalam kelompok 36.

"Pelatihan Membuat Hantaran Ranup itu bermodalkan bahan-bahan alami seperti Batang Pisang, Daun Sirih, Bunga-bunga liar yang ada di Desa, Puan/keranjang sebagai wadahnya dan beberapa alat bantu seperti jarum, benang, kawat serta memanfaatkan kardus bekas,"kata Yuni.

Sementara ketua kelompok 36 Reyhan Nurcholis menyebutkan pihaknya sangat mengharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat Gampong Nga terutama kaum ibu agar memiliki kegiatan hingga usaha rumahan yang bermodal kecil namun dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar dan tidak mengganggu tanggungjawab mereka sebagai ibu rumah tangga.   

"Ibu-ibu yang ikut serta dalam pelatihan ini katanya senang, karena ada ilmu baru yang mereka dapat, namun juga sangat bermanfaat dan merasakan adanya kemajuan untuk gampong dari setiap program kerja mahasiswa-mahasiswi KKN dari tahun-tahun sebelumnya,"imbuhnya.

Tambahnya, Kelompok KKN 36  sangat berharap Hantaran Ranup dengan kreasi modern khas Aceh ini dapat menjadi salah satu Usaha Milik Gampong dan bisa diwariskan secara turun temurun.

"karena Hantaran Ranup ini juga merupakan budaya tradisional masyarakat Aceh yang sudah ada sejak dulu,"pungkas Reyhan.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar