Mahasiswa KKN Unimal Jadikan Eun Geureusong Untuk Teh dan Sirup

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal Kelompok 39 sedang melakukan sosialisasi pembuatan teh dan sirup dari eun geuresong (daun pisang kering) di gapong Meuria Bluek, Aceh Utara, Minggu (8/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Jungka Gajah - Berbagai inovasi terus dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh di daerah penempatan. Seperti tidak ada habisnya, beragam produk inonasi sudah banyak yang disampaikan mahasiswa kepada masyarakat di lokasi KKN.

Satu diantaranya seperti yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN kelompok 39 yang melakukan sosialisasi pembuatan teh dan sirup yang berasal dari Eun Geureusong. Demo pembuatan sirup dan teh ini dilaksanakan di gampong Meuria Bluek Kecamatan Meurah Mulia, Minggu (8/9).

Menurut humas Kelompok 39, Safrizal Effendi mengatakan bahwa Eun Geureusong ini merupakan sebutan lain dari daun pisang kering. Ide pemanfaatannya muncul karena melihat di gampong ini banyak terdapat daun pisang kering.

Salah seorang mahasiswa KKN kelompok 39, Indra Gunawan menyampaikan bahwa daun pisang kering ini memiliki banyak manfaat yang jarang diketahu masyarakat. Beberapa manfaat daun pisang kering ini adalah meredakan sakit tenggorokan, sebagai anti oksidan, meningkatkan sistem imun tubuh, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan demam serta cocok untuk perawatan kulit.

Indra berharap, dengan dilaksanakannya penyuluhan dan pelatihan ini, masyarakat di lokasi KKN ini ke depanya bisa memanfaatkan daun pisang kering untuk diolah menjadi sirup dan teh. Daun pisang kering di daerah ini banyak sekali, tetapi masih belum dimanfaatkan oleh warga, jelas Indra.

Sementara ini Ratna, salah seorang warga yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat, dan menambah ilmu bagi warga. Kita tidak tahu sebelumnya daun pisang kering ini bisa dijadikan teh dan sirup, tutup Ratna.[ryn] 


Berita Lainnya

Kirim Komentar