KKN Kelompok 11 Ajarkan Cara Hidup Sehat Siswa SDN 06 Simpang Keuramat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal Kelompok 11 mengajarkan hidup bersih lewat cuci tangan yang benar kepada siswa SD Negeri 06 Meunasah Dayah Kecamatan Simpang Keuramat, Senin (16/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh (Unimal) kelompok 11 lakukan sosialisasi hidup sehat lewat cuci tangan yang benar kepada siswa SD Negeri 06 Meunasah Dayah Simpang Keuramat, Senin (16/9).

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan Upacara bendera, dimana yang bertindak sebagai pelaksana upacara pada kesempatan ini adalah mahasiswa KKN.

Pelaksanaan upacara yang dilakukan oleh mahasiswa KKN bertujua untuk memberikan contoh kepada adik-adik siswa SDN 06 tentang bagaimana melaksanakan upacara yang baik dan benar, ujar Candra Maulana yang merupakan ketua kelompok 11.

Setelah pelaksanaan upacara barulah dilakukan sosialisasi hidup bersih kepada siswa. Hidup bersih yang diajarkan tidak sulit. Hanya perlu melakukan cuci tangan sebeluk makan dan juga sebelum tidur di malam hari. Hal ini bertujuan agar kuman yang ada di tangan tidak ikut masuk bersama makanan yang dimakan.

Cara cuci tangan yang baik dan benar yang diajarkan kepada siswa menurut Kelompok KKN 11 setidaknya ada 7 langkah. Pertama, basahi kedua telapak tangan dengan air bersih yang mengalir hingga setinggi pertengahan lengan. Kedua, gunakan sabun untuk mengusap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut. Ketiga, Usap dan gosok pula punggung tangan secara bergantian.

Keempat adalah mengusap bagian sela-sela jari tangan, membersihkan sela-sela jari dilakukan secara bergantian. Kelima, membasuh sela-sela jari hingga bersih mengggunakan sabun. Keenam, Gosok dengan cara mengusap memutar pada kedua ibu jari secara bergantian. Dan terakhir yang ketujuh adalah Letakkan jari tangan pada telapak tangan dengan cara mengatupnya, lalu gosok dengan perlahan tak lupa gosok pergelangan tangan pula kemudian bilas hingga bersih, terang Candra.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari pihak sekolah. Wakil Kepala SD Negeri 06 Rini SPd mengucapkan terima kasih kepada mhasiswa KKN kelompok 11 atas sosialisasi dan pelaksanaan upacara yang dilakukan. Semoga hal ini bisa memberikan motivasi kepada siswa kami untuk hidup bersih dan sehat. Rini juga berharap mahasiswa Kelompok 11 masih bisa berkunjung lagi sebelum berakhirnya masa KKN di gampong tersebut.

Sementara itu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 11, Juni Ahyar Mhum berharap apa yang sudah dilakukan kelompok 11 ini bisa bermanfaat bagi siswa di SD Negeri 06 Meunasah Dayah Kecamatan Simpang Keuramat ini.


Berita Lainnya

Kirim Komentar