Psikoedukasi Bentuk Pengabdian Mahasiswa Psikologi Unimal Dalam KKN

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Psikologi Unimal yang sedang melaksanakan KKN di Kecamatan Meurah Mulia berfoto bersama narasumber seusai acara Psikoedukasi di SMA Negeri 1 Meurah Mulia, Rabu (18/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Sejumlah mahasiswa Psikologi Universitas Malikussaleh yang melaksanakan KKN di Kecamatan Meurah Mulia melaksanakan psikoedukasi di SMA Negeri 1 Meurah Mulia, Rabu (18/9).  Psikoterapi ini merupakan bagian dari terapi psikososial.

Kegiatan psikoedukasi ini dilaksanakan tujuannya adalah agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi ini dimunculkan dalam diri siswa ketika masalah yang ada bisa diatasi, ujar Rahmawati sebagai ketua pelaksana.

Kegiatan psikoedukasi ini mendatangkan narasumber Azwar Mpsi, dosen psikologi Unimal.  Kegiatan berlangsung dengan penuh semangat dan banyak tawa, namun tidak mengurangi nilai –nilai belajar di dalamnya.

Pada bagian awal narasumber mengajukan pertanyaan kepada para siswa yang tujuannya untuk menguji tingkat profesional diri dalam siswa. Pada bagian akhir diputarkan video tentang bagaimana perjuangan ayah dan ibu agar anaknya bisa memiliki pendidikan yang tinggi, ujar Rahmawati.

Pada saat pemutaran video ini, banyak siswa yang menitikkan air mata dan menangis tersedu, mungkin hal itu disebabkan akan rasa ingat kepada orangtua yang di rumah. Dengan adanya kegiatan ini kita mengajak agar para siswa kembali mengingat apa tujuan bersekolah dan mengingat  perjuangan orang tua agar mereka tetap bersekolah. Diharapkan setelah kegiatan ini berakhir akan muncul motivasi untuk belajar lebih giat lagi dalam diri siswa SMAN  1 Meurah Mulia, jelas Putri Handayani, humas Mahasiswa KKN Psikologi.

Salah seorang siswa kelas XI bernama Widia mengatakan sangat senang mengikuti kegiatan ini. Ini hal baru yang pernah dia dapatkan. Widia berharapsemoga ada lagi materi-materi psikoedukasi yang bisa diterima semasa sekolah ini.


Berita Lainnya

Kirim Komentar