Mahasiswa KKN 49 Unimal Ajarkan Masyarakat Lestarikan Tanaman Buah Unggul Dengan Cara Cangkok

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 49 Unimal Ajarkan Masyarakat Lestarikan Tanaman Buah Unggul Dengan Cara Cangkok. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Siapa yang tidak senang jika di pekarangan rumahnya ada banyak tanaman buah. Terlebih jika ukuran pohonnya kecil tapi buahnya lebat.

Oleh karena itu Mahasiswa KKN Unimal kelompok 49 yang mengembang tugas pengabdian di Gampong ranto Kecamatan Merah Mulia, Kabupaten Aceh Utara melakukan penyuluhan tentang cara mencangkok tanaman. Kegiatan ini dilakukan di salah satu rumah warga gampong tersebut yaitu Fadhil.

Kepada Unimalnews, Kamis (19/9/2019) mahasiswa KKN 49 Ramadania mengatakan cara Cangkok dipilih karena dengan cara ini dapat menghasilkan bibit tanaman yang berukuran tidak besar, cepat berbuah, dan memiliki sifat yang unggul seperti tanaman induknya. Selain itu cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan peralatan yang rumit.

"Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini, beberapa ibu-ibu sudah meminta agar nanti hasilnya bisa dibagikan. bahkan mereka juga mencoba untuk mempraktekkannya langsung. Apalagi Mahasiswa KKN juga perkenalkan bahan alami untuk mempercepat tumbuhnya akar seperti lidah buaya, bawang merah dan getah pepaya," tuturnya.

Selain jeruk bali, merekal juga mencangkok tanaman jambu tanpa biji, dan rambutan. "Cangkok ini bisa kita lihat keberhasilannya setelah kurang lebih satu bulan, dan kita juga harus rajin menyiramnya, kita berharap pencangkokan berhasil sehingga hasilnya bisa dinikmati warga gampong Ranto" Ujar Nia selaku Mahasiswa dari Fakultas Pertanian.[bas | tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar