KKN 49 Universitas Malikussaleh Ikut Serta Khanduri Jrat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN kelompok 49 Unimal ikut serta dalam acara Khanduri Jrat di Gampong Ranto. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mewakili semangat melestarikan tradisi, mahasiswa KKN 49 ikut serta dalam khanduri jrat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gampong Ranto, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara. Acara itu dipenuhi dengan warga yang membawa makanan untuk dibagikan. Mereka menggelar tikar dan duduk bersama sambil membaca shalawat, kalimatullah dan do'a ruh pada Minggu (22/9).

Mahasiswa KKN 49 tampak turut serta dalam acara dengan warga termasuk membereskan tempat acara.

Usai bershalawat berdzikir, dan do'a berjamaah, mereka sama-sama menyantap hidangan yang telah dimasak.

"Acara ini selalu dilakukan setiap selesai panen, untuk sedekah sekalian doa ruh yang telah meninggal", kata Muriati salah seorang warga gampong.

Acara ini memang rutin dilakukan, sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil panen mereka, sekaligus bentuk sedekah atas nama orang yang telah meninggal. Selain berbagi makanan, masyarakat juga berbagi uang terutama untuk anak-anak.

"Saya sebagai Mahasiswa KKN yang berasal dari luar Aceh merasa takjub dengan budaya Aceh yang masih kental, meski awalnya agak aneh karena di daerah saya tidak ada yang seperti ini, tapi saya senang, semua warga kompak" ujar Nova salah seorant mahasiswi KKN.[tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar