Program Pengabdian Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 21

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universditas Malikussaleh Kelompok 21 sedang melakukan pembuatan sabun cuci baju di gampong Blang Reuma Meurah Mulia, (16/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Sejumlah kegiatan pengabdian telah selesai dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Malikussaleh kelompok 21 yang KKN di gampong Blang Reuma Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara.

Menurut Muhammad Aji, Ketua kelompok 21 KKN Unimal beberapa kegiatan pengabdian yang telah berhasil dilaksanakan adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Pertandingan futsal antar dusun dan pembuatan sabun cuci baju.

Kegiatan MTQ dilaksanakan pada tanggal 8-10 September di meunasah gampong. Pembukaan MTQ dilakukan oleh tuha peut gampong Blang Reuma. MTQ ini ditujukan kepada anak-anak gampong. Pada kegiatan MTQ ini juga dilaksanakan berbagai kegiatan perlombaan bernuansa Islami lainnya seperti lomba azan, lomba pidato, hafalan surat pendek, mewarnai dan nasyid (lagu Islami).

Selanjutnya pada tanggal 16 September dilaksanakan kegiatan Pembuatan sabun pencuci baju yang berasal dari bahan kimia.

Salah seorang anggota kelompok 21 yang berasal dari jurusan teknik kimia bernama Amalia menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena banyak  warga desa masih tidak paham terhadap bahan kimia,dan cara pengolahannya.

Dalam satu paket bahan baku pembuatan sabun cuci baju terdiri dari Texsapon, Sls, Abs, Soda Ass, Pewangi, Pewarna, NaCl ,Dan Air. dari bahan-bahan kimia tersebut dapat menghasilkan sabun cuci baju yang bisa dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari, terang Amalia.

Pembuatan sabun cuci baju ini mendapatkan respons yang sangat baik dari ibu-ibu yang hadir pada saat pembuatan sabun cuci tersebut. Para ibu-ibu tersebut juga meminta agar dapat disediakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sabun cuci tadi, ujar Amalia.

Kegiatan lainnya yang dilaksanakan adalah turnamen futsal antar dusun yang berlangsung tanggal 17-21 September. Pada pertandingan futsal ini disedikan hadiah lomba bernilai 1,5 juta Rupiah untuk juara pertama dan 500 ribu Rupiah untuk juara kedua serta 150 ribu Rupiah untuk yang menjadi top skor dalam turnamen tersebut.[ryn]


Kirim Komentar