Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh Gelar Workshop Jurnal Online

SHARE:  

Humas Unimal
Pelaksanaan Workshop Pengelolaan Jurnal Online oleh Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Sabtu (5/10/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS| Lhokseumawe – Publikasi ilmiah dan jumlah kutipan (sitasi) dosen dan peneliti di sebuah Universitas sangat menentukan Peringkatnya dalam Pemeringkatan yang dinilai setiap tahunnya oleh Kemristekdikti. Keberadaan jurnal sebagai media publikasi penelitian yang sesuai dengan keilmuan sangat diperlukan saat ini, terutama Jurnal online atau lebih dikenal dengan Open Journal System (OJS)

Hal ini menjadi salah satu alasan Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (FH Unimal) melaksanakan Workshop Pengelolaan Jurnal Online pada hari Sabtu (5/10). Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat FH Unimal ini bertujuan untuk mengonlinekan Jurnal yang sudah ada di Fakultas Hukum, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, Hadi Iskandar MH.

Menurut Hadi, Jurnal versi cetak sudah diterbitkan oleh Fakultas Hukum sejak tahun 2013, namun sesuai aturan saat ini, Jurnal haruslah bersifat online. Fakultas Hukum memiliki 3 buah jurnal yakni Reusam, Nanggroe dan Suloh.

Workshop Pengelolaan Jurnal Online di FH Unimal dipandu langsung oleh Tutor Relawan Jurnal Indonesia, Mursalin MPd. Menurut Mursalin pertumbuhan jurnal elektronik dalam 2 (dua) tahun ini sangat pesat, bahkan di beberapa kampus di Pulau Jawa sudah mulai merintis jurnal internasional.

Jurnal Online ini tidaklah susah dalam mengelolanya, hanya diperlukan focus dari pengelola saja. Unimal harus berbenah dalam menerbitkan jurnal dari versi cetak menjadi elektronik, sehingga mengurangi biaya penerbitan, selain itu juga akan meningkatkan rating Unimal dalam sinta.” Tutup Mursalin yang juga sehari-hari bertindak sebagai dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unimal. [ryn]


Kirim Komentar