Universitas Malikussaleh Tanda Tangan MoU dengan Unja

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng (batik kuning) melakukan penandatanganan MoU di sela-sela rapat tahunan Rektor Badan Kerjsama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) wilayah Barat di Jambi, Sabtu (9/11/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Jambi – Universitas Malikussaleh melakukan penandatanganan kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Universitas Jambi. Penandatanganan MoU ini dilakukan di sela-sela kegiatan Rapat Tahunan Rektor Badan Kerjasama PTN Wilayah Barat ke-40 pada tanggal 8-10 November 2019 di Swiss-Belhotel, Jambi.

Kegiatan rapat tahunan yang mengambil tema “Tantangan Perguruan Tinggi Negeri di Era Revolusi Industri 4.0” ini melibatkan 33 perguruan tinggi negeri wilayah Barat. Menurut Rektor Unimal, Dr. Herman Fithra Asean Eng, kerjasama ini telah berumur 39 tahun melibatkan perguruan tinggi negeri  yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta  Kementerian Agama, untuk wilayah Sumatera, Banten,  Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Dalam penandatanganan MoU ini Universitas Jambi (Unja) diwakili oleh Prof H Johni Najwan PhD yang merupakan Rektor Unja. Kerjasama ini dianggap sebagai momentum strategis dan menguntungkan kedua belah pihak, terkait peningkatan mutu kurikulum, pengembangan pengalaman mahasiswa, tukar-menukar dosen, dan juga di bidang penelitian.   

Bagi Unimal sendiri, kerjasama dengan Unja bisa berarti ganda. Pertama, bisa belajar dari sebuah perguruan tinggi negeri yang serumpun melayu dan bahasa di pulau Sumatera. Kedua, bisa bersanding dengan PTN yang rangkingnya lebih baik dari Unimal untuk melakukan kolaborasi secara partisipatif mengembangkan akreditasi dan mutu perguruan tinggi. Seperti diketahui, Unja adalah salah satu PTN yang melesat cepat peningkatan rangkingnya.

Pada 2018, Unja menjadi PTN BLU baru terbaik dan tahun ini Unja masuk sebagai 100 perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik se-Indonesia versi Kemristekdikti. Unja berada di urutan 66 klaster 2 dan bisa menjadi cermin yang ideal bagi Unimal untuk melakukan akselerasi dan perbaikan mutu PTN secara cepat, terang Herman.

Selamat untuk kerjasama baik ini. Semoga berkah dan menjadi bagian yang bisa menyinari kampus tercinta ini.[tkf]


Kirim Komentar