SuZuSu, Temuan Terbaru Mahasiswa Teknik Universitas Malikussaleh

SHARE:  

Humas Unimal
SUZUSU - Tiga mahasiswa Teknik Mesin Universitas Malikussaleh, Sugeng, Zuanda, dan Suhaimi bersama dosen pembimbing, Aljufri. Ketiga mahasiswa membuat mesin pemotong rumput dengan menggunakan remote control yang diberi nama SuZuSu. Foto: Dok.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Sebuah terobosan baru hari ini telah diraih mahasiswa Teknik Mesin Universitas Malikussaleh yang berhasil menciptakan sebuah alat pemotong rumput berbasis Energi Terbarukan menggunakan Hybrid Energi dengan penggerak remote control.

Mahasiswa dibawah bimbingan Aljufri, ST, MT dari Jurusan Teknik Mesin dan Andik Bintoro dari Jurusan Teknik Elektro memberi nama perangkat baru yang mereka buat dengan sebutan SuZuSu, yang merupakan singkatan dari nama penetus alat ini, yaitu Sugeng, Zuanda, Suhaimi.

“Alat ini bekerja dengan sistem transmisi menggunakan gear box, putaran mesin 2650 rpm, daya baterai 86, 4 WH, dan pengisian daya batere selama 1 jam,” jelas Aljufri, Senin (4/3/2019). Dengan pengontrolan menggunakan remote, alat ini dapat bekerja di lapangan selama 75 menit non-stop dengan luas area pemotongan 312, 5 meter.

Aljufri mengaharapkan, keberhasilan yang dicapai mahasiswa Teknik Mesin Universitas Malikussaleh dalam membuat alat pemotong rumput ini bisa memberi informasi bagi pengguna industri yang selama ini menggunakan alat pemotong rumput manual serta dapat mengembangkan teknologi yang ada.

"Kami juga berharap, keberhasilan ini bisa memberi motivasi bagi mahasiswa lain untuk berprestasi," tandas Aljufri.[mfy]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar