Kuliah Tamu Ilmu Kelautan Unimal Bahas Keracunan Makanan Laut

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Nurul Huda (jas hitam) yang berasal dari Universitas Malaysia Sabah (UMS) menjadi narsumber dalam kegiatan kuliah tamu di Prodi Ilmu Kelautan Universitas Malikussaleh, Kamis (28/11/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Program Studi Ilmu kelautan Fakultas Pertanian melaksanakan kuliah tamu pada hari Kamis, (28/11). Kuliah tamu ini dilaksanakan di Aula Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh kampus Reuleut. Kuliah tamu yang mengambil tema  “Marine Fish Toxicology:  Focus on Seafood Poisoning” menghadirkan narasumber Dr Nurul Huda dari Fakultas Imu Pangan dan Nutrisi Universitas Malaysia Sabah (UMS).

Kuliah tamu yang dibuka oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa  di lingkungan Fakultas Pertanian Unimal.

Dalam Pemaparannya Dr Nurul Huda mengingatkan peserta tentang bahaya keracunan makanan laut. Makanan laut merupakan makanan yang digemari oleh banyak orang, namun  tidak semua makanan yang berasal dari laut seperti ikan dan kerang aman dikonsumsi saat ini.

Hal ini disebabkan oleh saat ini banyak bahan kimia berbahaya yang langsung mengalir ke laut tanpa mengalami proses penyaringan terlebih dahulu, sehingga hal ini akan mempunyai dampak pada hewan laut yang nantinya akan dikonsumsi oleh manusia. Bahan kimia tadi menempel pada kulit ikan yang jika tidak dilakukan penanganan yang baik sebelum dikonsumsi akan dapat menyebabkan keracunan pada manusia.

Ketua Program Studi Ilmu Kelautan Unimal, Dr Erniati kepada unimalnews mengatakan bahwa, pelaksanaan kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan kepada para peserta dan juga diharapkan khususnya kepada mahasiswa Ilmu kelautan dapat menyerap sebanyak-banyaknya ilmu yang disampaikan oleh narasumber.[ryn]


Kirim Komentar