Dosen Unimal Berikan Pelatihan Publikasi Terindeks Scopus di Uhamka Jakarta

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Dahlan Abdullah Asean Eng (batik merah) berfoto bersama peserta kegiatan BimbinganTeknis Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Internasional Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Jakarta. FOTO ; IST

UNIMALNEWS | Bogor - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta kembali menggelar Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Internasional.Kegiatan ini dilaksanakan di Resort Prima Cisarua Bogor pada tanggal 29 November sampai 1 Desember 2019.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor I, Prof Dr Abdul Rahman A Gani  ini diikuti oleh 40 orang peserta yang merupakan dosen dari seluruh jurusan yang ada di Uhamka.  Setiap artikel yang dimuat dalam  jurnal bereputasi, baik yang Q1, Q2 maupun Q3 akan diberikan insentif sebesar Rp 25.000.000 oleh Uhamka. Hal ini bertujuan untuk mendorong para dosen untuk dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, ujar Prof Dr Abdul Rahman.

Bimbingan ini menghadirkan Dr Dahlan Abdullah Asean Eng dari  Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh sebagai  narasumber . Dalam Kegiatan tersebut di hari pertama  Dr Dahlan menyampaikan  materi tentang kaidah pembuatan artikel yang baik meliputi pembuatan abstrak, pendahuluan, landasan teori, metode penelitian, hasil dan pembahasan serta kesimpulan. Peserta juga diajarkan bagaimana membuat sitasi (kutipan) menggunakan aplikasi Mendeley. Sedangkan pada hari kedua peserta dilatih untuk menyesuaikan artikel yang akan dikirimkan sesuai dengan template jurnal yang dituju.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah orang-orang yang sudah melalui seleksi  oleh Unit Pembina dan Pengembangan Publikasi Ilmiah (UPPI) Uhamka. Ada ratusan yang mengirimkan artikel, namun yang dipilih hanya 40 orang saja. “Jadi peserta yang mengikuti kegiatan ini sudah memiliki paper yang akan dikirimkan kepada jurnal yang terindeks Scopus, jadi akan ada output langsung”, terang Dahlan.

Kegiatan ini ditutup oleh Wakil Rektor IV Uhamka, Dr Bunyamin. Dalam penutupan tersebut Bunyamin menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia membagi ilmunya kepada peserta. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan jumlah publikasi Uhamka pada jurnal bereputasi dan terindeks Scopus, tutup Bunyamin.[ryn]


Kirim Komentar