Dalami Analisis Rantai Nilai, Mahasiswa FEB Unimal Ke Semen Andalas

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh mengunjungi pabrik semen Andalas di Lhoknga, Aceh Besar, untuk mendalami tentang manajemen pemasaran dan analisis rantai nilai, Jumat (13/12/2019). FOTO: IST.

UNIMALNEWS | Banda Aceh – Sebanyak 61 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh mengunjungi Semen Andalas di Banda Aceh untuk meningkatkan wawasan tentang analisis rantai nilai (value chains analysis) dalam manajemen pemasaran.   

Mahasiswa yang melakukan field trip berasal dari Jurusan Manajemen dan Akuntansi yang didampingi dosen Dr Rusydi Abubakar dan Adnan MSi. “Dari kunjungan industri ini, diharapkan mahasiswa bisa memahami secara langsung tentang analisis rantai nilai di pabrik semen Andalas dan lebih mendalami ilmu manajemen pemasaran,” ungkap Rusydi, Minggu (15/12/2019).

Kunjungan yang dilakukan pada 13 Desember tersebut diterima oleh Aidil Azwani, Assistant Plant Generasl Manager PT Solusi Bangun Andalas, perusahaan yang memproduksi semen Andalas di Lhoknga, Aceh Besar.

Mahasiswa Manajemen, Khairul Munawar, mengaku banyak manfaat yang mereka dapatkan dari kunjungan tersebut, khususnya tentang ilmu pemasaran. Mahasiswa melihat isi perusahaan secara langsung dan mendengarkan beberapa paparan pihak perusahaan mulai dari sejarah, proses produksi, tentang jenis produk, bahan baku, dan proses produksinya sampai ke tangan konsumen. “Tentunya ini sangat erat hubungannya dengan mata kuliah manajemen pemasaran,” jelas Khairul.

Baca juga: Bank Indonesia Gelar Pelatihan Fincancial Technology untuk Dosen FEB Unimal

Ia dan mahasiswa lain mengaku beruntung karena sebelumnya hanya mendengar tentang pabrik semen Andalas atau membaca di media massa. Setelah mendengar dan melihat langsung, Khairul dan mahasiswa lain mengaku lebih memahami proses produksi semen, strategi pemasaran, distribusi, dan sampai ke tengan konsumen.

“Kami mendapat penguatan keilmuan yang secara teoritis kami peroleh di kelas. Pengalaman kunjungan ini juga bisa menjadi sumber penelitian kelak,” tandas Khairul.

Hal senada disampaikan Rabiatul Adawiah dari Jurusan Akuntansi. Mahasiswa angkatan 2018 itu mengaku terkesan dengan kunjungan industri tersebut karena bisa belajar tentang konsistensi perusahaan menggunakan bahan mentah yang berkualitas serta pengolahan yang baik.

“Kami juga belajar proses pemasaran yang baik yaitu go to market sehingga semen dari PT Solusi Bangun Andalas terjamin mutunya dan menjadi primadona masyarakat Aceh dan luar Aceh. Kunjungan ini juga memperluas jaringan kami mahasiswa,” ujar Adawiah yang mengaku terkesan dengan kerja tim di perusahaan tersebut.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh, Dr Hendra Raza, mendukung kegiatan kunjungan industri yang menambah pengetahun dan wawasan mahasiswa. “Ke depan, kami berharap bisa membuat MoA (memorandum of agreement) dengan PT Solusi Bangun Andalas sehingga bisa terjalin kerja sama yang lebih intens,” ujar Hendra. [ayi]

Baca juga: Mahasiswa Ikom Unimal Audiensi dengan Konjen AS


Berita Lainnya

Kirim Komentar