Targetkan Akreditasi Unggul 2021, Rektor Unimal Bentuk Tim AIPT

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng memberikan arahan dalam rapat perdana tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Unimal pada Senin (10/2/2020) di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe. FOTO; IST

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi menjadikan kampus-kampus di Indonesia berbenah.

Adanya point dalam Permendikbud tersebut yang berbunyi Peringkat Akreditasi yang telah diberikan dapat ditinjau kembali oleh BAN-PT sebelum jangka waktu Akreditasi berakhir apabila terdapat penurunan mutu dalam hal menurunnya jumlah peminat/pendaftar dan/atau lulusan pada Program Studi yang ada selama 5 (lima) tahun berturut-turut berdasarkan data pada PDDikti  dan atau terdapat laporan pengaduan Masyarakat atas dugaan pelanggaran penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, menjadikan perguruan tinggi harus terus melakukan peningkatan mutu pendidikan yang tidak boleh bertentangan dengan undang-undang.

Universitas Malikussaleh yang merupakan perguruan tinggi jantong hatee masyarakat Pasee juga turut merasakan efek dari terbitnya Peraturan tersebut. Terlebih lagi Akreditas Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang dimiliki Unimal akan segera berakhir pada tahun 2021.

Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng yang menargetkan Akreditasi Unimal pada tahun 2021 masuk dalam kategori unggul langsung bergerak cepat. Sebuah tim yang bertugas untuk mempersiapkan borang akreditasi pun segera dibentuk, bahkan Rektor hadir langsung dan memberikan arahan dalam pertemuan pertama tim tersebut  yang dilaksanakan pada hari Senin (10/2) di Kantor Badan Jaminan Mutu (BJM) di kampus Unimal Bukit Indah, Lhokseumawe.

Dalam kesempatan tersebut Rektor mengingatkan kepada tim bahwa  akreditasi saat ini berbasiskan luaran (outcome), sehingga diperlukan kerja sama antarsemua lini di Universitas Malikussaleh agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. “Semuanya harus bekerjasama, apakah itu Dosen maupun tenaga pendidik. Jangan lagi bekerja pada zona nyaman, yaitu sekedar bekerja saja. Saat ini semua yang dikerjakan harus terukur” ujar Rektor.

Tim AIPT Unimal yang dibentuk diketuai oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik, Jullimursyida Phd dan sebagai wakil ketua adalah Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan  Penjamin Mutu (LP3M), Dr Muhammad Yusuf.[ryn]


Kirim Komentar