Selaraskan Langkah Untuk Memperkuat Sinergitas "HUMAS" Universitas Malikussaleh

SHARE:  

Humas Unimal
Tim UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Universitas Malikussaleh. Foto: Ist

"Humas adalah fungsi manajemen yang bertujuan membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang bisa memberikan dampak positif terhadap keberhasilan atau kegagalan sebuah organisasi". (Cultip, Center, & Broom)

SETIAP organisasi memerlukan Humas (hubungan masyarakat) baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang non komersial.  Organisasi yang disebutkan dalam tulisan ini adalah  perguruan tinggi. Kebutuhan dan kehadiran Humas tidak dapat dicegah, terlepas dari suka atau tidak suka, karena Humas merupakan salah satu elemen yang menentukan kelangsungan perguruan tinggi secara positif sebagai sumber informasi untuk dunia di era globalisasi seperti saat ini.

Sebagaimana dikutip dari hasil pertemuan asosiasi-asosiasi Humas seluruh dunia di Mexico City, Agusrtus 1987, ditetapkan definisi Humas adalah sesuatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisa berbagai kecenderungan, memprediksi setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberikan masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi dan mengimplementasikan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan kebutuhan khalayak.

Frase “menganalisa kecenderungan” mengisyaratkan bahwa dalam Humas perlu diterapkan  teknik-teknik penelitian ilmu sosial dalam suatu orgnisasi, yaitu menonjolkan tanggung jawab organisasi kepada kepentingan publik atau kepentingan masyarakat luas. Setiap organisasi dinilai berdasarkan kebrhasilan dalam melaksanakan manajemen organisasi. Humas adalah bagian dari sebuah organisasi yang juga menentukan keberhasilan suatu organisasi.

Maka dari itu, sinergi antar civitas academika merupakan hal yang penting untuk membangun lingkungan akademik yang baik di sebuah perguruan tinggi, tak terkecuali di Universitas Malikussaleh (Unimal).
 
UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Universitas Malikussaleh saat ini sedang mengupayakan untuk lebih baik di tahun 2020. UPT tersebut dibentuk pada masa kepemimpinan Herman Fithra akhir Desember tahun 2019 itu berhasil melampaui banyak target dengan publikasi berita di media Unimalnews yang merupakan salah satu portal informasi di Universitas Malikussaleh berhasil mengangkat traffict alexa menjadi yang tertinggi di antara  portal berita ternama di Aceh.

Dibawah kepemimpinan Teuku Kemal Fasya yang sudah berjalan selama satu tahun, Humas Unimal mendapat penghargaan dari Rektor Unimal Dr Herman Fithra karena UPT tersebut memiliki kinerja dengan realisasi capaian terbaik dan output daya serap anggaran tertinggi.

UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Unimal memiliki tim yang siap bersaing di dunia publikasi pemberitaan dan konten video. Tidak hanya itu selama satu tahun UPT tersebut berhasil menerbitkan majalah kampus “Unimal Magazine” dua edisi di tahun 2019. Ini tidak terlepas dari kinerja tim yang disemangati oleh Kepala UPT Teuku Kemal Fasya.

Riyandhi Praza yang bertugas sebagai Sekretaris di UPT itu juga memiliki profesionalitas untuk menyelesaikan administrasi dan ikut dalam pembuatan konten berita Unimalnews, terutama mengupas rillis yang masuk ke email humas untuk dijadikan bahan informasi yang layak di publik.

Ayi Jufridar selaku Kepala Bidang Publikasi dan Informasi di UPT tersebut juga menguras energinya untuk mencari informasi di lingkungan Civitas Academika Unimal tak terkecuali kegiatan mahasiswa untuk di publikasi di Unimalnews.

Muhammad Fikri juga berperan penting untuk mendesain website agar lebih menarik di lihat dan dijangkau oleh publik, Fikri sendiri bertugas sebagai staf Desain dan Perwajahan Situs di UPT Kehumasan tersebut.

Kurniawati yang mempunyai wewenang selaku staf ahli Bahasa Inggris juga tidak diam untuk bersinergi dalam pemberitaan. Kurnia siap mengoperasikan setiap kegiatan dalam bentuk pemberitaan yang berbahasa Inggris baik di Unimalnews atau Unimal Magazine.

Bustami yang bertugas sebagai Staf Reporter juga harus menyiapkan waktu disetiap ada kegiatan Rektorat dan juga kemahasiswan untuk mendokumentasi sekaligus membuat berita di Unimalnews. Selain itu juga harus meluangkan waktu mengisi tulisan di majalah Unimal dengan membuat perencanaan peliputan dan TOR (Term Of Reference) wawancara kepada para penjabat di lingkungan kampus Unimal.

Ahmad Al Bastin dalam struktur UPT ini dia sebagai pengelola situs, namun pria yang baru lulus kuliah di tahun 2019 ini sudah banyak menghasilkan video-video yang bagus untuk dipublikasi di “Unimal TV”, selain itu dia juga ahli dibidang fotografi dengan setelan gaya modern yang begitu memukau publik. Bastin juga salah satu wartawan Trans 7 dan CNN Indonesia.

Namun dalam tulisan ini juga tidak lupa bahwa di UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal juga memiliki seorang staf dokumentasi dan kasir yang cantik, dia adalah Rahma Ira Wati.

Di tahun 2020 ini ada penambahan pasukan yang juga senior dari media ternama di Aceh dan Nasional, dia adalah Muchlis mantan wartawan di Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Dedi juga salah salah seorang dosen di Fakultas Teknik dan Suryadi Kawom yang merupakan Photografer lepas di Aceh.

Semoga dengan hadirnya tim yang baru bisa menjadikan UPT ini lebih baik serta memberi dampak positif bagi Universitas Malikussaleh dengan menyajikan konten pemberitaan yang bermanfaat bagi masyarakat. [Bustami Ibrahim]


Berita Lainnya

Kirim Komentar