Dosen Unimal Terbitkan Buku Pengolahan Citra dan Suara

SHARE:  

Humas Unimal
Buku Pengolahan Citra dan Suara yang ditulis oleh Dosen Universitas Malikussaleh. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dua orang Dosen  Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh berkolaborasi menerbitkan buku yang berjudul  “Pengolahan Citra dan Suara”. Buku setebal 137 halaman ini ditulis oleh Dahlan Abdullah dan Fadlisyah. Buku ini dicetak pertama kali pada April 2020.

Buku ini memfasilitasi tentang cara-cara pembuatan perangkat lunak otomatisasi untuk pengolahan citra dan suara yang diterapkan untuk berbagai aplikasi yang terkait pemanfaatan Al Quran secara digital untuk menjawab tantangan model 4.0.

Buku ini menginformasikan tentang bagaimana memasukkan citra ke dalam sistem komputasi. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengondisikan ukuran citra adalah dengan resizing. Resizing sendiri bisa diartikan sebagai salah satu proses awal penting di dalam sebuah skema pemrosesan citra.

Dahlan Abdullah, salah seorang penulis buku ketika dihubungi Unimalnews, Rabu (20/5/20200) mengatakan bahwa, prinsip pengembangan perangkat lunak otomatisasi adalah selaras dengan prinsip-prinsip yang ditekankan pada era revolusi industri 4.0 artinya perangkat lunak pada era 4.0 sudah mampu meminimalisir peran manusia baik dalam pengembangannya, kemampuan belajar, ataupun operasional lainnya.

Selain resizing, materi lainnya yang dihadirkan dalam buku ini adalah model, integral, dan berbagai kasus yang menjadi tren untuk dibuatkan perangkat lunaknya secara 4.0.[ryn]

 


Kirim Komentar