Mahasiswa KKN Unimal Ikut Bantu Pelaksanaan Rapid Test di Siak

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana pelaksanaan rapid test di Kelurahan Perawang Barat Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Foto; Ist.

UNIMALNEWS | Siak – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak turut membantu pelaksanaan rapid test yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Siak. Mahasiswa itu bernama Trio Pamungkas dari Program Studi Teknik Mesin.

Program rapid test ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten bertujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Siak.

Menurut Trio Kepada Unimalnews, Selasa (26/4/2020), kegiatan rapid test di Kecamatan Tualang ini dilakukan di gedung olahraga Kecamatan Tualang. Rapid test ini dilakukan karena Tualang merupakan salah satu Kecamatan dengan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang banyak.

Rapid test sendiri adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Adapun cara test nya adalah dengan mengambil darah pada ujung jari orang yang diperiksa untuk kemudian diteteskan ke dalam alat rapid test.

Rapid test di Kecamatan Tualang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 7 dan 14 Mei 2020. Total 174 orang yang diperiksa  dengan rapid test alam pelaksanaan selama dua kali tersebut.

Trio mendapatkan tugas untuk membantu mempersiapkan tempat yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan rapid test. Hal yang dilakukan meliputi mempersiapkan meja dan kursi, membawa Alat Pelindung Diri (APD) dari Puskemas yang akan digunakan oleh tenaga medis, dll.

Kegiatan rapid test di Kecamatan Tualang ini dihadiri langsung oleh Bupati Siak, Alfedri Msi dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Tonny Chandra. [ryn]


Kirim Komentar