Unimal Gelar Bimbingan Teknis Pengawas  UTBK 2020

SHARE:  

Humas Unimal
Universitas Malikussaleh menggelar bimbingan teknis bagi calon pengawas dan penanggung jawab ruangan untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, 26-27 Juni 2020. Foto: Bustami Ibrahim.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh menggelar bimbingan teknis bagi calon pengawas dan penanggung jawab ruangan untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang berlangsung mulai 5 – 12 Juli 2020. Para pengawas sebagian besar terdiri dari tenaga pengajar di lingkungan Unimal.

Bimbingan teknis digelar selama dua hari bagi 128 pengawas dan penanggung jawab ruang yang akan bertugas dalam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk peserta SBMPTN. Para peserta mendapatkan bimbingan teknis dari Teuku Kemal Fasya M Hum selaku Koordinator Pelaksana UTBK dan Rizal MIT selaku Koordinator Informasi Komputasi, 26-27 Juni 2020.

Teuku Kemal Fasya menyampaikan materi tentang pengawasan UTBK secara umum yang harus diketahui para peserta. Sedangkan Rizal menyampaikan materi secara teknis, terutama menyangkut penggunaan komputer bagi pengawas. “Setiap pengawas nanti mengendalikan satu komputer. Pengawas harus mengetahui apa yang harus dilakukan ketika memasuki ruangan,” ujar Rizal, Jumat (26/6/2020).

Rizal mengingatkan calon pengawas agar berhati-hati dalam menyampaikan laporan Berita Acara Pelaksanaan UTBK atau BAPU karena dilakukan melalui komputer. “Sedikit kesalahan bisa berakibat fatal. Jadi harus cermat dan teliti,” ungkap Rizal kepada peserta di Aula Meurah Silue, Lancang Garam, Lhokseumawe.

Rizal juga mengingatkan para calon pengawas agar menjaga kode etik dengan tidak memotret proses pelaksanaan UTBK. Pengawas juga diingatkan agar teliti ketika memeriksa identitas peserta UTBK dan melaporkan di BAPU jika menemukan ada peserta yang memiliki wajah tak sesuai dengan identitas yang ada.  

Hal senada disampaikan Teuku Kemal Fasya yang mengingatkan pengawas untuk hadir tepat waktu. “Sebelum UTBK dimulai, akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh para peserta dan pengawas. Kalau ada suhu di atas 37 derajat, peserta dilarang mengikuti UTBK. Pengawas juga tidak dibenarkan mengawasi ujian,” jelas Teuku Kemal Fasya.

Ditambahkan, UTBK di Universitas Malikussaleh akan dilaksanakan di Kampus Bukit Indah dan Kampus Uteunkot, Cunda, Lhokseumawe. UTBK akan berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan sehingga peserta dan pengawas diharapkan hadir satu jam sebelum ujian dilaksanakan sesuai sesi masing-masing.

Sebagai informasi, pelaksanaan UTBK yang semula direncakanan dalam empat sesi, berubah menjadi dua sesi saja, yakni pukul 09.00 – pukul 11.15  dan pukul 14.00 – 16.15 WIB.Untuk jadwal UTBK dan ruangan bagi setiap peserta, akan diumumkan kemudian. [ayi]

Baca juga: Korpel dan Kortik UTBK Unimal Meninjau Kesiapan Komputer

 


Komentar

Kirim Komentar