Silaturahim dengan Rektor, Dandim Sampaikan Ini

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng didampingi Kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eskternal, Teuku Kemal Fasya MHum menerima kunjungan dari Dandim 0103 Aceh UtaraLetkol Arm Oke Kristiyanto, Kamis (3/9/2020). Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kristiyanto mengunjungi kampus Unimal pada Kamis (3/9/2020). Pertemuan tersebut sebagai bagian memperkuat silaturahim dengan stakeholder di lingkungan Lhokseumawe – Aceh Utara, salah satunya adalah pihak kampus.

Dandim yang baru dilantik pada 18 Agustus 2020 lalu itu telah melakukan gerak cepat melakukan pemetaan masalah yang terjadi di wilayah teritorialnya, salah satunya adalah melakukan pendekatan sosial-kebudayaan kepada masyarakat Aceh Utara.

Dalam pertemuan yang dilakukan di ruang Rektor Unimal, Letkol Arm Oke menyebutkan ia telah  bertemu dengan beberapa kalangan di lingkungan Lhokseumawe dan Aceh Utara, salah satunya adalah bagaimana daerah Pasai ini menghadapi situasi ketika dana otonomi khusus semakin mengecil pada 2023 dan akan berakhir pada 2027. Tidak ada cara yang paling efektif untuk menyambut situasi pascaotsus itu selain melakukan pemberdayaan ekonomi dan penguatan kapasitas masyarakat Aceh Utara terutama dari kalangan kombatan.

Gagasan pemberdayaan ini juga akan dilanjutkan dengan melihat potensi perkebunan dan hortikultura yang tepat bisa dikembangkan, termasuk juga jaringan pemasaran dan penguatan sistem perkoperasian.

Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng, menyambut baik program yang diinginkan oleh Dandim 0103. Salah satunya adalah akan segera membuat pola zonasi riset dan pemberdayaan masyarakat di lokasi yang akan dijadikan tempat pengembangan ekonomi produktif tersebut. Saat ini telah ada dua lokasi yang dilihat bisa dilakukan untuk melakukan pengembangan pertanian dan perikanan darat, yaitu wilayah Nisam dan Langkahan di Aceh Utara. 

Pertemuan yang berlangsung selama dua jam tersebut juga ikut dihadiri oleh Ka UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal, Teuku Kemal Fasya. Setelah pertemuan itu Rektor dan rombongan Unimal akan melakukan kunjungan ke Langsa dan Aceh Tamiang untuk merealisasikan beberapa kerja sama yang telah dirintis selama ini.[ryn]


Kirim Komentar