Dosen Arsitektur Unimal Latih ASN Kota Lhokseumawe tentang GIS

SHARE:  

Humas Unimal
Sisca Olivia MS ketika menjadi pemateri pelatihan peningkatan kapasitas ASN Kota Lhokseumawe. Foto:Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dosen Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas Malikussaleh, Sisca Olivia MS, menjadi pemateri dalam pelatihan peningkatan kapasitas pegawai di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah  (SKPD) Kota Lhokseumawe. Acara yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  Kota Lhokseumawe ini berlangsung di Ruang Oproom instansi tersebut selama 2 (dua) hari, Selasa dan Rabu (13-14/10/2020).

Pelatihan yang dimaksud adalah Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quantum Geographic Information System (GIS). Software Quantum GIS dipergunakan untuk penggambaran peta dari satu kawasan, sehingga bisa digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan program, analisa, dan pengambilan kebijakan suatu wilayah. Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari 23 instansi pemerintahan di lingkungan SKPD Kota Lhokseumawe, diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perhubungan.

Melalui rilis  yang dikirim kepada Unimalnews, Sisca mengungkapkan bahwa  pelatihan ini bertujuan untuk menyosialisasikan penggunaan GIS bagi para pegawai di instansi di lingkup Pemerintahan Kota Lhokseumawe. “Pelatihan ini digelar dengan harapan ke depannya, SKPD di Kota Lhokseumawe dapat menggunakan GIS dalam proses perencanaan dan pengembangan Kota Lhokseumawe”, ujar Sisca.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe, Salahuddin, MSM dan turut dihadiri oleh DR Ars. Rinaldi Mirsa, Pembantu Dekan Bidang Akademik, Fakultas Teknik  Universitas Malikussaleh.

Pada tahun lalu, Prodi Arsitektur Unimal juga telah menyelenggarakan pelatihan serupa dengan peserta yang berasal dari Bappeda dan Dinas PUPR Kota Lhokseumawe.[kur]


Kirim Komentar