Unimal Miliki Auditor Mutu Bersertifikat Internasional

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Dahlan Abdullah, dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh menjadi auditor mutu internal bersertifikat internasional. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dr Dahlan Abdullah, Dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh berhasil lulus dan dinyatakan kompeten dalam pelatihan Pendamping Peningkatan Budaya  Mutu Perguruan Tinggi (Auditor AMI-PT) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2SDM LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Quantum HRM Internasional. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 25-28 Januari 2021 ini dilaksanakan secara daring.

Lulus dari Pelatihan tersebut, Dahlan berhak menyandang predikat CIIQA (Certified International of Internal Audit Quality Audit).

Menurut Dahlan, peserta dinyatakan lulus setelah melewati tes yang diberikan pada hari terakhir pelatihan. “Sertifikasi tes yang dilakukan adalah Kompetensi Auditor Mutu Internal PT ISO 17024 (Internasional). Tes dilakukan kepada setiap peserta dengan durasi waktu selama empat jam untuk melalui berbagai materi yang telah diberikan dan melihat penguasaan dalam mengimplementasikan materi di perguruan tinggi masing-masing,” ujar Dahlan.

Adapun materi yang diberikan pada pelatihan itu adalah Pemahaman Evaluasi/Audit Mutu Internal yang disampaikan oleh Dr Wonny A Ridwan serta Perencanaan AMI dan Evaluasi Diri oleh Dr Yudi Chadirin. Materi tersebut disampaikan pada hari pertama, dan ditutup dengan praktik Perencanaan dan Pembuatan Instrumen Evaluasi Diri yang dipandu oleh beberapa auditor mutu internal IPB yaitu Dr I Wayan Nurjaya, Purana MSi, dan Yudith Vega Paramitadevi MSi.

Pada hari kedua disampaikan materi Pelaksanaan AMI dan Penyusunan Kertas Kerja Audit (PKA), Pembuatan Laporan Hasil Audit, dan Kode Etik Auditor/Evaluator. Sedangkan pada hari ketiga diisi dengan materi Praktek Visit (Simulasi) dan Pembahasan hasil audit dengan auditor.

“Semoga ilmu yang telah didapatkan ini bisa bermanfaat bagi kemajuan lembaga pendidikan Universitas Malikussaleh,” pungkas Dahlan.[ryn]

 


Kirim Komentar