Gelar Kuliah Umum, FT Unimal Gandeng Universitas Nurtanio

SHARE:  

Humas Unimal
Pelaksanaan kuliah umum Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh dan Fakultas Teknik Universitas Nurtanio secara daring. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Bukit Indah – Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melakukan kolaborasi dengan Fakultas Teknik Universitas Nurtanio (Unnur) Bandung. Kolaborasi yang dilakukan beberapa waktu lalu itu terkait penyelenggaraan kuliah umum secara secara daring dengan tema “Composite, Science, and Aplication”.

Dalam Rilis yang diterima Unimalnews, Selasa (13/4/2021), Ketua Pelaksana, Muhammad MEng menyebutkan bahwa kolaborasi yang dilakukan dalam bentuk kuliah umum ini merupakan awal dari kerja sama antar kedua fakultas. “Banyak kerja sama yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak, salah satunya dalam bidang riset,” ungkapnya.

Komposit sendiri adalah material yang tersusun atas campuran dua atau lebih material dengan sifat kimia dan fisika berbeda, dan menghasilkan sebuah material baru yang memiliki sifat-sifat berbeda dengan material-material penyusunnya, lanjut Muhammad.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua Program Studi Teknik Material, Dr Zulnazri ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Prof Muhammad Sayuti dari FT Unimal dan Dr Lies Banowati dari FT Unnur. Muhammad Sayuti menyampaikan materi tentang Metal Matric Composite dan aplikasinya, sedangkan Lies Banowati yang juga merupakan Dekan FT Unnur menyampaikan materi tentang Nature Composite beserta aplikasinya.

Dalam paparannya Lies Banowati juga memberikan contoh-contoh produk hasil penelitian khusus aplikasi pesawat beserta turunannya yang telah dilakukan oleh FT Unnur.

Sementara itu, Dekan FT Unimal, Dr Muhammad menyambut baik pelaksanaan kuliah umum ini. “Kuliah umum ini menjadi tempat untuk saling bertukar informasi yang mencerahkan bagi para mahasiswa serta  dapat memperkuat kerja sama yang sudah direncanakan antar kedua fakultas,” ucapnya.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Reza Putra MEng ini diikuti oleh 80 peserta dan berlangsung selama dua jam. Kuliah umum tersebut diakhiri dengan sesi diskusi antara peserta dengan narasumber.[ryn]

 


Kirim Komentar