Fakultas Teknik Unimal dan PT PIM Aplikasikan Teknologi Ruspin

SHARE:  

Humas Unimal
Dekan Fakultas Teknik Unimal, Dr Muhammad, Pembantu Dekan Bidang Akademik FT Unimal, Dr Ars Rinaldi Misra dan Senior Vice President Umum PT PIM, Saifuddin Noerdin ketika melakukan uji coba teknologi Ruspin di Kampus Unimal Bukit Indah. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Bukit Indah – Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (FT Unimal) melakukan terobosan kerja sama dengan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) untuk program pembangunan konstruksi rumah tahan gempa dengan mengaplikasikan teknologi Rumah Sistem Panel Instan (Ruspin). Proses uji coba tersebut telah dilakukan di Fakultas Teknik Kampus Unimal Bukit Indah beberapa hari lalu.

Uji coba tersebut dihadiri Dekan FT Unimal, Dr Muhammad, Pembantu Dekan Bidang Akademik FT, Dr Ars Rinaldi Misra, serta Saifuddin Noerdin yang merupakan Senior Vice President Umum PT PIM.

Menurut Rinaldi, Ruspin adalah teknologi rangka rumah pracetak dengan sistem panel menggunakan sambungan baut, dapat dipasang secara cepat, serta berbiaya relatif murah, sehingga dapat mejadi solusi bagi permasalahan penyediaan kebutuhan masyarakat akan rumah  yang murah dan memenuhi persyaratan kualitas teknis sebuah rumah. ”Panel itu berfungsi sebagai struktur utama bangunan,” ujar Rinaldi yang juga merupakan dosen Arsitektur FT Unimal.

Saifuddin Noerdin, mengatakan untuk kerja sama dengan Unimal, PT PIM telah memberikan bantuan pengadaan alat dan panel Ruspin. ”Ke depannya kita akan lakukan kerja sama lanjutan untuk memenuhi kebutuhan rumah kaum dhuafa, ucapnya.

Sementara itu, Dekan FT Unimal, Dr Muhammad menyebutkan Ruspin memiliki konstruksi sederhana yakni hanya dengan dirakit dalam bentuk panel bangunan. Secara teknis, Ruspin ini merupakan produk Puslitbangkim Pekerjaan Umum yang baru saja diluncurkan. ”Kita memilih Ruspin karena memiliki kepraktisan dan bisa dilakukan masyarakat secara umum,” pungkasnya.[ryn]


Kirim Komentar