Manfaatkan Lahan Sempit, Mahasiswa KKN K41 Buat Demplot Penanaman Sayur Organik

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 41 Universitas Malikussaleh lakukan Demonstrasi Plot (Demplot) penanaman sayur organik dalam upaya pemanfaatan lahan sempit di Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Rabu (14/7/2021). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa KKN Kelompok 41 Universitas Malikussaleh lakukan Demonstrasi Plot (Demplot) penanaman sayur organik dalam upaya pemanfaatan lahan sempit di Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Rabu (14/7/2021).

Kelompok KKN 41 diketuai oleh Muhaimin Syukur dengan beranggotakan Laini Simehate, Rima Yuni, Deva Siregar, Juliana, Gus Razaki, Ari Suci, Safaruddin, Fazlur Rahman dan Yudish Alfany serta dibimbing oleh Zainal Abidin Badar MH.

Ketua kelompok, Muhaimin Syukur mengatakan, sayur tersebut telah ditanam sejak hari pertama KKN dan berhasil dipanen pada hari ini. Menurutnya, lahan  sempit seringkali menjadi kendala bagi masyarakat untuk bertani. Sebab, lahan memang merupakan komponen utama dalam pertanian.

“Desa Tambon Tunong yang secara geografis sangat padat penduduk sehingga lahan menjadi terbatas. Sebagai solusi kami lakukan Demplot membuat kebun percontohan sayur organik dengan tujuan agar masyarakat memiliki minat untuk bertani walau dengan kondisi lahan sempit,” kata Muhaimin.

Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kaidah Tridharma Perguruan Tinggi. Diharapkan agar masyarakat setempat bisa melakukan demplot untuk penanaman sayur di setiap rumah.

"Kita lakukan Demplot ini agar kedepan masyarakat bisa menghilangkan persepsi bahwa bertani harus memiliki lahan yang luas, padahal sejatinya tidak demikian. Namanya tumbuhan itu bisa ditanam dimana saja asalkan sesuai dengan karakteristiknya" pungkasnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar