Mahasiswa KKN K36 Budidaya Tanaman Hortikultura di Lahan Tak Terpakai

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN kelompok 36 Universitas Malikussaleh melakukan budidaya tanaman hortikultura di halaman rumah Geuchik Gampong Ulee Reuleung Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Sabtu (17/7/2021). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa KKN kelompok 36 Universitas Malikussaleh melakukan budidaya tanaman hortikultura di halaman rumah Geuchik Gampong Ulee Reuleung Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Sabtu (17/7/2021).

Peserta KKN Kelompok 36 yaitu, Abdi Dzil Ikram selaku ketua, serta anggotanya Syahrul Ramazan, Faisal Fahmi, Farid Asyraf, Irnawati, Sarmila Maruza,  Rica Jaisika, dan Ori Damayanti. Mereka semua di bawah bimbingan, Safwandi.

Ketua KKN, Abdi Dzil Ikram mengatakan, pandemi ini membuat aktivitas masyarakat Indonesia sangat terbatas. Sehingga salah satu pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa Unimal dalam melakukan Tridarma perguruan tinggi yaitu KKN yaitu memberi contoh cara melakukan budidaya tanaman hortikultura kepada masyarakat.

“Menanam sayuran secara organik selain memberikan efek kesehatan jika dikonsumsi, juga bisa melestarikan lingkungan sekitar,” katanya.

Menurutnya, penanaman tanaman pangan, memberi contoh untuk memanfaatkan lahan-lahan yang belum diberdayakan, dan mengisinya dengan tanaman-tanaman yang sifatnya tidak terlalu lama untuk dipanen.

“Program ini termasuk program untuk mendongkrak ketahanan pangan, terutama di situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” ungkap Abdi.

Geuchik Ulee Reuleung, Abdullasi menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN dan berharap bisa bekerja sama dengan tokoh masyarakat. 

"Kita lakukan budidaya ini agar kedepan masyarakat bisa menghilangkan persepsi bahwa bertani harus memiliki lahan yang luas , padahal sejatinya tidak demikian, bisa juga di pekarangan rumah masing masing yang tidak terpakai, semoga apa yang sudah kita lakukan ini bisa diteruskan dan bermanfaat bagi masyarakat luas," tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar