Mahasiswa KKN Tematik Unimal Ikuti TOT dan Bimbingan Teknologi GNRM

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Tematik Unimal Ikuti ToT dan Bimbingan Teknologi. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Malikussaleh mengikuti Training of Trainer dan Bimbingan Teknologi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dengan tema 'Peningkatan Resiliensi Masyarakat Terhadap Bencana Banjir Pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Keureuto Kabupaten Aceh Utara,  di Gedung Aula Cut Mutia, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Kamis, (12/8/2021). 

BACA: Ratusan Mahasiswa Unimal Ikuti Pembekalan GNRM

Rilis yang diterima Unimalnews, kegiatan tersebut dihadiri oleh tiga pemateri yakni, dr Teuku Ilhami Surya Akbar M.Biomed, Dr Maulana Ihsan MSc, dan Nanda Safira Ersa MT Selaku PIC dari program KKN Tematik ini. Mahasiswa diberikan materi terkait kegiatan KKN yang akan ditugaskan nantinya dalam masyarakat berupa program Bank Sampah, Biopori, dan Basic Life Support (BLS).

Nanda Safira selaku pemateri program Bank Sampah menjelaskan sistem operasional dan tujuan dari program ini yaitu salah satunya meningkatkan kesadaran masyarakat setempat untuk mengurangi sampah berserakan dan mengolah sampah yang ada disekitar untuk diubah menjadi bernilai ekonomi. 

Teuku Ilhami dalam materi Basic Life Support (BLS) memaparkan bahwa BLS merupakan upaya sederhana mengatasi keadaan yang mengancam nyawa seseorang sehingga dapat mempertahankan hidupnya untuk sementara dengan upaya bantuan hidup dasar tanpa menggunakan intervensi obat atau alat kejut jantung. Program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar Dapat mengetahui keadaan kegawatdaruratan dan bagaimana menanganinya. 

Dalam materi Biopori, Nanda Safira menjelaskan, lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air. Lubang sedalam 1 m yang diisi dengan sampah organik. Program ini dilakukan untuk membantu masyarakat membuat Tempat berlalunya air dalam tanah, sebagai upaya mencegah resiko banjir. 

Sebelum menjalankan program utama, mahasiswa yang sudah dibentuk tim Sosialisasi akan mensosialisasikan program program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa untuk membuat masyarakat aware dengan keberadaan bank sampah, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang biopori. Setelah semua program dijalankan, kegiatan KKN Tematik ini akan dilakukan evaluasi, kajian analitik tentang GNRM, dan melaporkan hasil analisis per bulan oleh tim Monev dari mahasiswa yang sudah dibentuk sebelumnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar