Fakultas Pertanian Unimal Sosialisasi Program Kampus Merdeka dan Layanan Akademik kepada Mahasiswa Baru

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana Pelaksanaan PKKMB Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh secara daring.

UNIMALNEWS | Reuleut - Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2021 secara daring, Rabu (1/9/2021) bertempat di Ruang Rapat Dekan Fakultas Pertanian. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang lulus di Fakultas Pertanian, baik itu jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, dan Prestasi.  Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian itu juga dihadiri para pembantu dekan dan kaprodi.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Pertanian, Dr Mawardati mengatakan bahwa kegiatan PKKMB merupakan wahana proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa dengan metode pembelajaran dan suasana yang berbeda.

Terdapat perbedaan yang sangat signifikan ketika masih menjadi siswa dan sudah menjadi mahasiswa. Ketika mahasiswa, pola pembelajaran yang dilakukan adalah dengan menggunakan pembelajaran orang dewasa (andragogi), yang artinya para mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya berprinsip pada tanggung jawab sendiri terhadap keputusan yang diambilnya.

“Ada beberapa prinsip dalam pembelajaran itu yaitu keterlibatan, pengalaman, dampak, dan berpusat pada masalah,” ujar Mawardati.

Sementara itu, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, Hendrival MSi yang bertindak sebagai Ketua Pelaksana PKKMB Fakultas Pertanian menyampaikan tidak ada masalah dan kendala dalam pelaksanaan PKKMB tahun 2021 secara daring karena didukung oleh seluruh sivitas akademika Fakultas Pertanian. "Alhamdulillah dan bersyukur kegiatan PKKMB Fakultas Pertanian Unimal 2021 yang dilaksanakan secara daring berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Menurut Hendrival, kegiatan PKKMB kali ini juga disampaikan materi sosialisasi Program Kampus Merdeka, Kurikulum MBKM masing program studi, layanan akademik dan mahasiswa serta penjelasan bantuan Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah bagi mahasiswa baru tahun masuk 2021. “Mahasiswa baru sangat bersemangat dan senang mengikuti kegiatan ini. Hal itu terlihat dari banyaknya respon berupa pertanyaan dari para peserta,” tutupnya.[ryn]

 


Kirim Komentar