Ini 20 Besar Pemenang Lomba Menulis Artikel Ilmiah se-Aceh

SHARE:  

Humas Unimal
Pengumuman pemenang Lomba Menulis Artikel se-Aceh di Aula Cut Meutia Kampus Bukit Indah Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Februari 2021 lalu. Foto: Ayi Jufridar.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Lomba Menulis Artikel Ilmiah bagi mahasiswa dan siswa se-Aceh sudah memasuki tahap penjurian. Untuk kategori mahasiswa dan siswa, masing-masing sudah diperoleh 20 besar kandidat pemenang yang berhak mengikuti proses selanjutnya untuk bersaing merebut delapan pemenang.

Ketua Panitia Lomba Menulis Artikel bagi mahasiswa dan pelajar se-Aceh, Teuku Kemal Fasya, menyebutkan ada 101 artikel yang masuk sejak 16 – 26 September 2021. Seluruh artikel tersebut kemudian diseleksi dan diperiksa keaslian artikel. “Selanjutnya, akan dipilih delapan artikel dari masing-masing kategori,” ungkap Teuku Kemal Fasya, Selasa (12/10/2021).

Dari penjurian tahap pertama, selain memilah artikel dengan tingkat kemiripan di bawah 30 persen, dewan juri juga melihat kesesuaian artikel dengan tema “Menyongsong Semangat Aceh Baru” serta memeriksa tingkat kesalahan dalam pengetikan.

“Dalam tahap berikutnya, baru dinilai aspek yang lebih substantif seperti kekuatan argumentasi, kebaruan ide, kelengkapan data, dan sebagainya,”  papar Teuku Kemal Fasya yang juga termasuk salah satu dewan juri.

Berdasarkan penjurian tahap pertama, diperoleh 20 peserta yang lolos ke tahap berikutnya adalah Agung Meiranda (Universitas Samudera Langsa), Assyaratul Jannah, Dara Raihatul Jannah, Farid Fahlevi, Fatmawati, M Bahrain Iskandar dari Universitas Syiah Kuala.

Kemudian Dika Saputra, Furqan Syuhada, Jaka Syahputra, Khoirunnisa, Nur Safira, Nurlaili, Pebriadi Simamora, Taufiq Ismail, Ulfa Mutia, dan Viona Bella Rosalina dari Universitas Malikussaleh.

Berikutnya Denny Satria dari Universitas Serambi Mekkah, Fadhil Mubarak Aisma dari STIS Ummul Ayman Pidie Jaya, Ulfa Magfirah dari UIN Ar-Raniry, dan Zulpadli dari IAIN Lhokseumawe.     

Baca juga: Lagi, Unimal Gelar Lomba Menulis Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa dan Siswa SMA Se-Aceh

Sedangkan dari kategori siswa yang masuk 20 besar adalah Azrina Alifa, Danish Iqbal Farhandy, Defa Rizky Ghaisan, Dinda Almas Nabila, Faraz Andini, Jason Sanjaya, M. Aidil Azka, Muhammad Zaki Syahriza, Nabilla Putri Aprilia, Nada Amalina Arami, Nahri Salsabila Zalda, Nisa Rahmatillah Zalda, Ridzik Malky Daniel, Teuku Irsyadul Walad Faini (SMAS  Sukma Bangsa Lhokseumawe).

Kemudian, Cut Aja  Hafidzatul Mutia (MAN 1 Nagan Raya), Firya Faiza (MAN Lhokseumawe), Intan Eriyani (SMAS Sukma Bangsa Pidie), Nabila Saralita, Nanda  Marlinda, dan Rona Elia (SMA Nurul Ulum Aceh Timur).

Lomba Menulis Artikel Ilmiah diselenggarakan UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Universitas Malikussaleh dan didukung Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas, serta Premier Oil Andaman Ltd. Panitia menyediakan hadiah total Rp14 juta bagi juara pertama, juara kedua, dan juara ketiga untuk kategori mahasiswa dan siswa. “Selain itu, panitia juga memberikan hadiah bagi lima pemenang harapan dari masing-masing kategori,” tambah Sekretaris Panitia, Riyandhi Praza.

Dewan juri lomba adalah Teuku Kemal Fasya yang dikenal sebagai penulis nasional; Ayi Jufridar, wartawan, penyair, dan novelis; serta Samsidar, aktivis perempuan Aceh yang concern untuk isu keadilan gender dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak. [kur]


Kirim Komentar