Mahasiswa KKN-PPM 208 Manfaatkan Lahan Non-Produktif Untuk Peningkatan Pendapatan Ibu PKK

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 208 sedang menggarap lahan terlantar di Gampong Ujong Pacu. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa KKN-PPM kelompok 208 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan mengembalikan fungsi lahan milik gampong. Mereka juga sekaligus mengedukasi dan meningkatkan pendapatan kelompok PKK di Gampong Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Senin (22/11/2021).

Kelompok KKN-PPM 208 diketuai oleh Gilang Ramadan Purba dengan beranggotakan  Ali Herlian,  Ariansyah Putra, Saut Martua Simbolon, Vera Adila, Cut Ayu Dahliana, Rini Maulinda, Nurul Hasanah, Asmaul Husna dan Nurul Mala serta dibimbing oleh Ibu Rahma Fitria, B. Tech (Hons), MSc.

Pemanfaatan lahan non-produktif ini dilakukan dengan menanam tanaman hortikultura. Menurut Gilang Ramadan Purba, ketua kelompok KKN-PPM 208, mereka juga tambahkan dengan tanaman olerikultura atau sayuran seperti sawi, kangkung, bayam dan selada. Sayuran tersebut dipilih karena masa panennya terhitung singkat. Selain itu, Kelompok 208 juga menanam tanaman Biofarmaka atau tanaman obat-obatan seperti serai.

Untuk lahan yang dikembangkan oleh tim KKN-PPM kelompok 208 selanjutnya akan diserahkan kepada kelompok PKK Gampong Ujong Pacu, termasuk peralatan lahan, pupuk dan bibit agar dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik.

Sementara itu, M Nasir selaku Kepala Dusun A Gampong Ujong Pacu sangat mendukung pelaksanaan program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM 208. "Semoga dengan program ini bisa meningkatkan pengetahuan dan pendapatan ibu PKK yang berkelanjutan," cetusnya. [tkf]


Kirim Komentar