Mahasiswa KKN 155 Lakukan Penyuluhan Pertanian Di Gampong Panton

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 155 Lakukan Penyuluhan Pertanian Di Gampong Panton

UNIMALNEWS | Nisam - Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN - PPM) kelompok 155 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan penyuluhan pertanian kepada ibu-ibu mengenai pemanfaatan jagung dan limbah jagung serta pemanfaatan daun belimbing wuluh di Gampong Panton Kecamatan Nisam – Lhokseumawe, Jum'at (19/11/2021).

Mahasiswa KKN  yang tergabung di kelompok 155 yaitu Martunis (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Habil (Fakultas Ekonomi dan Bisnis),Ahmad Faisal Noor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Asrol Fajri (Fakultas Pertanian), Sukron Guru Mangaloksa (Fakultas Teknik), Mahindun Manurung (Fakultas Pertanian), Indah Ruliani Nasution (Fakultas Pertanian), Nur Hafizah Efendi (Fakultas Pertanian), Hafizah Ritonga (Fakultas Pertanian), dan Rilza Yusifa Wanda (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dibawah naungan dosen pembimbing lapangan (DPL), Mahdaliana Msi.

Ketua kelompok, Martunis  mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan individu yang dicetuskan oleh Mahindun Manurung mengenai pemanfaatan jagung menjadi selai jagung dan Nur Hafizah Efendi mengenai pemanfaatan limbah rambut jagung menjadi teh rambut jagung serta Hafizah Ritonga mengenai pemanfaatan daun belimbing wuluh menjadi teh herbal.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan inovasi terbaru kepada ibu-ibu di desa tersebut.  Masyarakat disana berfikir jagung hanya bisa dimakan dengan cara direbus atau dijadikan bubur, tapi belum tau bisa dimanfaatkan untuk pembuatan selai yang enak,” katanya.

Martunis menyebutkan, Teh dari rambut jagung dan teh dari daun belimbing wuluh dapat menjadi alternatif bagi ibu-ibu yang suka meminum teh dikarenakan teh tersebut dapat menjaga kesehatan salah satunya dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

“Dengan adanya penyuluhan ini ibu-ibu yang ada di Gampong Panton bisa memanfaatkan limbah rambut jagung, yang awalnya hanya dianggap sebagai limbah,” tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar