Mahasiswa KKN 233 Sosialisasi Pembuatan dan Digital Marketing KoBiLak

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 233 Sosialisasi Pembuatan dan Digital Marketing KoBiLak

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 233 melakukan sosialisasi pembuatan dan digital marketing Kopi Biji Salak (KoBiLak) di Gampong Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Rabu (23/11/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok itu adalah  Ahmad Fiki, Muliadi, Aprillia Ziraluo, Wahidatul Marzaniah, Dara farhiah, Dian Nadia April Yani, Risma, Suci Munawaroh, Mutia Dara Fona, Rini Rizkiah.  Mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),  Sullaida MM.

Ketua kelompok, Ahmad mengatakan, selama proses pembuatan KoBiLak banyak respon baik dari masyarakat. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan Kopi Biji Salak adalah biji salak, gula merah dan gula putih. Kemudian biji salak tersebut dijemur hingga kering, selanjutnya disangrai, proses pengsangraian tersebut dilakukan agar mudah saat ditumbuk.

“Sedangkan peralatan yang dibutuhkan adalah tumbuan dan tumbuhan yang kami gunakan dalam bahasa Aceh disebut "Leusong",” katanya.

Ahmad menyebutkan, KoBiLak itu sendiri memiliki khasiat, diantaranya mengatasi asam urat, mencegah hipertensi,  meningkatkan kinerja otot, menambah tenaga, meningkatkan kecerdasaan dan melancarkan sistem pencernaan.

“Dalam sosialisasi tersebut juga kami menampilkan perbedaan yang signifikan berkenaan dengan KoBiLak yang kami buat dan bisa dipasarkan untuk kalangan pecinta kopi, guna peningkatan taraf ekonomi. Selain proses pembuatan yang mudah akan tetapi menghasilkan rasa yang enak. Di era digitalisasi seperti serang, bukan hal yang langka bahwa setiap karya dapat membuka peluang usaha yang kemungkinan banyak diminati oleh masyarakat,” ungkapnya.[tmi]


Kirim Komentar