Melalui Bazar PMW 2021, Ryanda Launching Bank Sampah Universitas Malikussaleh

SHARE:  

Humas Unimal
Melalui Bazar PMW 2021, Ryanda Launching Bank Sampah Universitas Malikussaleh

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Tim Bank Sampah Universitas Malikussaleh mulai melakukan pengelolaan dan pengumpulan sampah serta kampanye tentang isu dan bahaya sampah plastik di beberapa tempat di Aceh Utara dan Lhokseumawe.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Bank Sampah, Muhammad Ryanda saat ditemui Unimalnews, Senin (13/12/2021) di kegiatan sosialisasi dan Bazar Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2021 yang diadakan di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe selama empat hari (12-16 Desember 2021).

“Bank Sampah ini baru kami gerakan pada awal bulan ini yang bertujuan mengatasi permasalahan sampah yang ada diruang lingkup Universitas Malikussaleh dan juga masyarakat sekitar. Hal ini diperlukan kesadaran mahasiswa dan masyarakat untuk menerapkan program 3R ( Reuse, Reduce, Recycle ),” katanya.

Ryanda menyebutkan, Sampah yang sudah dipilah kemudian dikumpulkan ke penampungan nantinya akan dikelola oleh tim Bank Sampah Unimal. Jenis sampah organik nantinya akan diolah menjadi kompos, eco enzim dan juga maggot box. Kemudian jenis sampah non organik yang bernilai ekonomis akan dijual atau disalurkan ke penampung lebih besar.

“Sampah non ekonomis akan diolah menjadi kerajinan, seperti keranjang, tote bag, alas kaki dan sebagainya sehingga bisa mempunyai harga ekonomis,” tuturnya.

Lanjut Ryanda, kegiatan ini juga diharapkan mendapat dukungan dari segenap civitas akademika Universitas Malikussaleh dan juga masyarakat sekitar agar bisa diwujudkan secara berkelanjutan. Karena kegiatan ini selain menjaga kebersihan lingkungan juga berperan penting untuk kesehatan menuju “Unimal Hebat” tanpa sampah plastik.

“Hari ini kami mulai melakukan soft launching BSU di taman Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe sekaligus mengikuti kegiatan Expo PMW Unimal 2021. di Pojok sampah BSU ini kami membuat challenge mengenai memilah dan penyetoran sampah ke Bank Sampah Unimal, kemudian ditimbang minimal 200 Gram itu akan dihargai dengan voucher, pemenang undian voucher akan mendapatkan hadiah menarik nantinya,” pungkas Muhammad Ryanda.[tmi]


Kirim Komentar