Mahasiswa Fisika Unimal Belajar Cara Gunakan Alat Ukur Cuaca di BMKG Malikussaleh

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Fisika Unimal Belajar Cara Gunakan Alat Ukur Cuaca di BMKG Malikussaleh

UNIMALNEWS | Muara Batu - Sebanyak 25 mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh lakukan kunjungan belajar pengenalan alat ukur cuaca ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh, Aceh Utara, Jumat (10/12/2021).

Dosen pembimbing mahasiswa, Syafrizal M.Si mengatakan, sebanyak 25 mahasiswa semester pertama dari Prodi Pendidikan Fisika mengikuti kegiatan tersebut yang bertujuan memperkenalkan aplikasi dari alat ukur cuaca yang dipelajari di perkuliahan kepada mahasiswa.

“Di lokasi kegiatan mahasiswa diarahkan langsung oleh Kepala BMKG Malikussaleh, Siswanto M.Si.  Mereka menyambut baik kedatangan mahasiswa,” katanya.

Dikutip dari pernyataan Siswanto, Syafrizal menyebutkan, BMKG Malikussaleh selalu terbuka untuk mahasiswa yang datang dan belajar maupun penelitian.

Selanjutnya, mahasiswa diarahkan ke taman alat yang dipandu oleh pemateri BMKG yaitu Rasyidin, Saifuddin, dan Hangra. Alat-alat yang diperkenalkan yaitu Psychrometer, anemometer, Automatic Weather Station,  Camble Stokes, Penakar Hujan Hellman, Penakar Hujan Observatorium, Evaporimeter Panci Terbuka dan Balon Udara. 

“Mahasiswa juga ditunjukkan bagaimana data-data yang diukur diproses.Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena dapat melihat langsung dan menggunakan beberapa alat-alat tersebut untuk mengamati cuaca,” tutup dosen Pendidikan Fisika, Syafrizal.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar