Dua Jurnal Unimal kembali Raih Akreditasi SINTA Kemdikbudristek

SHARE:  

Humas Unimal
Dua Jurnal Unimal kembali Raih Akreditasi SINTA Kemdikbudristek Kamis (20/01/2022).

UNIMALNEWS | Lhokseumawe-Raihan prestasi kembali diperoleh Universitas Malikussaleh (Unimal) melalui bidang penelitian, pengabdian dan publikasi. Setelah enam jurnal sebelumnya telah terakreditasi yakni Teras Jurnal - Jurnal Teknik Sipil, Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal, Jurnal Agrium, Journal of Economics Management and Business, Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh dan Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML). Kali ini menyusul dua Junal lainnya yang berhasil meraih akreditasi Science and Technology Index (SINTA) dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Nomor: 164/E/KPT/2021 pada Periode II Tahun 2021, Kamis (20/01/2022).

Kedua jurnal tersebut yakni, Aceh Anthropological Journal (AAJ) Prodi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terakreditasi SINTA 5, dan Jurnal Akuntansi dan Keuangan Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan akreditasi Sinta 4.

Editor in Chief  Aceh Anthropological Journal (AAJ) Dr. Ibrahim Chalid mengatakan, AAJ menjadi satu-satunya Jurnal yang terakreditasi SINTA di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unimal, hal tersebut tidak terlepas  dari kerja sama tim  pengelola, Author, editor dan reviewers yang selama ini sudah bekerja keras hingga jurnal tersebut telah terakreditasi.

“Alhamdulillah dengan terakreditasi AAJ menjadi pemicu dan semangat bagi para pengelola jurnal lainnya, khususnya jurnal-jurnal ilmu sosial, politik dan humaniora perlu diperbanyak segera terakreditasi Sinta, semoga dapat segera terwujud seperti AAJ dan beberapa jurnal lain yang sudah terakreditasi”, ungkapnya.

Sementara, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr. Muhammad Daud saat di konfirmasi via telepon seluler mengatakan, saat ini ada delapan Jurnal di Lingkungan Universitas Malikussaleh yang telah terakreditasi Sinta yakni Sinta 3, Sinta 4 dan Sinta 5, hal tersebut haruslah menjadi motivasi bagi para pengelola jurnal-jurnal yang lain di Unimal dengan harapan tahun depan jumlah tersebut terus bertambah.

“Insya Allah, ke depan LPPM akan meningkatakan frekuensi dan kualitas pelatihan  dan pendampingan bagi tiga elemen dasar  Author, editor dan reviewers, karena jurnal yang baik adalah jurnal yang dikelola secara by sistem, apalagi sejak akhir tahun 2021 demi menjaga kualitas dan keaslian jurnal, Unimal sudah berlangganan aplikasi Turnitin Similarity yang diberikan akses bagi seluruh  para pengelola jurnal”, tutupnya. [riz]


Kirim Komentar