UKM SAR Unimal Ikuti Pelatihan Vertical Rescue Indonesia

SHARE:  

Humas Unimal
Pose peserta pelatihan Vertical Rescue di tempat pelatihan, Sigli, Sabtu (14/5/2022). Foto : Ist

UNIMALNEWS | Sigli - Unit Kegiatan Mahasiswa Search dan Rescue Universitas Malikussaleh (SAR Unimal) mengirimkan delegasi untuk mengikuti pelatihan Vertical Rescue yang diselenggarakan Vertical Rescue Indonesia (VRI) di Kota Sigli. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yaitu mulai Sabtu hingga Senin 14-16/5/2022).

Menurut rilis yang diterima Unimalnews SAR Unimal mengirimkan dua anggota mereka untuk menjadi delegasi yaitu Iryanto Lubis dan Andika Ali Imran. Acara ini juga dihadiri Komandan Vertical Rescue Indonesia Tedi Ixdiana dan rekan jajarannya.

Seperti pengumuman panitia, acara ini bertujuan memberikan bekal terhadap organisasi yang bergerak di bidang kepanduan tentang bagaimana tindakan  penyelamatan pada situasi ketinggian. Pelatihan ini diperlukan karena medan vertikal tersebut cukup berbahaya ketika melakukan penyelamatan adalah ketika berada di medan vertikal atau terjal seperti tebing, jurang, gedung bangunan dan lain sebagainya.

Menurut ketua Umum UKM SAR Unimal, Iryanto Lubis, scara ini juga diikuti oleh 60 peserta dari berbagai kalangan seperti TNI Rindam IM, Subdenpom TNI AD Pidie, mahasiswa pecinta Alam Aceh, Tagana Aceh, Damkar Pidie, BPBD Pidie, KSR PMI dan FPTI Aceh. Iryanto Lubis menyebutkan keikutsertaan mereka akan menjadi landasan dasar untuk  menyiapkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang penyelamatan Medan vertical rescue,  serta semangat dalam  kegiatan di alam bebas.

"Semoga kehadiran kami dalam acara ini mampu mengupgrade ilmu yang ada di UKM SAR Unimal serta memberikan semangat kepada adik-adik yang akan bergabung di UKM SAR. Kegiatan ini sekaligus membangun kepekaaan kemanusiaan untuk membantu bersama" ungkapnya. [tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar