Bersama Warga, Mahasiswa KKN 06 Membuat Atap Rumah dari Daun Rumbia

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 06 Universitas Malikussaleh laksanakan kegiatan bersama masyarakat untuk pembuatan atap rumah dengan memanfaatkan daun pohon rumbia sebagai bahan baku utama di Desa Meunye Seuleumak, Kecamatan Payabakong, Aceh Utara Rabu (22/06/2022). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN- PPM) kelompok 06 Universitas Malikussaleh membuat atap rumah dari daun Rumbia bersama warga Gampong Meunye Seuleumak Kecamatan Paya Bakong,  Aceh Utara, Rabu (22/06/2022).

Ketua kelompok KKN 06, Fiki Hefendi Harahap mengatakan, dengan adanya kegiatan  membuat atap rumah dari daun rumbia bersama warga setempat ini, mahasiswa KKN dapat mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dengan warga desa.

Ia menyebutkan, antusiasme masyarakat cukup tinggi terlihat dari peran mereka saat pembuatan kerajinan tersebut. Masyarakat ikut berkontribusi dalam pengumpulan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kerajinan atap yang berbahan baku dari daun Rumbia.

"Masyarakat disini sangat setuju dengan adanya program pembuatan atap rumah dari daun Rumbia yang hanya bermodalkan daun pohon Rumbia dan beberapa bahan lainnya," kata Fiki.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yesy Afrillia MKom menyampaikan, bahwa kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada  masyarakat bahwa kerajinan-kerajinan tradisional masih layak digunakan di masa modern ini.

"Semoga dengan kegiatan ini kita dapat meningkatkan keinginan masyarakat untuk tetap melestarikan dan memberdayakan kerajinan-kerajinan tradisional di masa modern ini," tuturnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 06 adalaha Fiki Hefendi Harahap (Ilmu Politik), Fantowi Pratama (Pend. Vokasional Teknik Mesin), Muhammad Ferry (Teknik Mesin), Maulida (Pendidikan Bahasa Indonesia), Nadiatul Umaira (Pendidikan Kimia), Zulfa Zahratun (Pendidikan Matematika), Reiyasa Deci (Pendidikan Matematika), Niswah Mardhiyatillah (Kedokteran), Suci Untari Putri Handayani Pasaribu (Teknik Arsitektur), Rendi Sahila Tua (Teknik Elektro).[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar