Tingkatkan Kemampuan Komunikasi, Prodi Administrasi Bisnis Gelar Pelatihan Public Speaking

SHARE:  

Humas Unimal
Pelatihan Public Speaking yang digelar Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Malikussaleh. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Bukit Indah – Hasil survei yang dilakukan oleh National Association of Colleges and Employers (NACE) terhadap 457 pemimpin perusahaan di Amerika, terdapat 20 nilai yang harus dikuasai lulusan universitas dalam melamar pekerjaan, dengan urutan pertamanya  adalah kemampuan berkomunikasi. Salah satu komunikasi yang cukup penting di era ini adalah berbicara di depan banyak orang.

Semua orang mungkin dapat berbicara, namun tidak setiap orang mampu berbicara secara mudah dan menarik di depan umum. Berdasarkan hasil survei The People’s Almanac Book terhadap 3.000 warga Amerika didapat hasil bahwa 41 persen mereka memiliki ketakutan untuk berbicara di depan umum.

Itulah pembuka yang disampaikan oleh Lailan F Saidina dari Tandaseru Indonesia ketika menjadi narasumber dalam Pelatihan Public Speaking yang digelar oleh Prodi Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Malikussaleh.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Fisipol pada Rabu (22/6/2022) itu mengambil tema “The Secret of Public Speaking”. Pelatihan tersebut diikuti 180an orang yang merupakan mahasiswa dan dosen di lingkungan prodi Administrasi Bisnis.

Sufi MAP, Ketua Prodi Administrasi Publik mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa Prodi Adbis. “Saat ini softskill dalam hal berkomunikasi merupakan sesuatu yang penting, kita ingin para lulusan kita memiliki bekal agar dapat bersaing dalam dunia kerja nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Dr Nur Hafni, Ketua Jurusan Prodi Administrasi mengatakan bahwa salah satu hal yang menjadi parameter dalam akreditasi program studi adalah seberapa cepat lulusan mampu mendapatkan pekerjaan, oleh karenanya perlu diberikan bekal kepada mereka ketika masih menjadi mahasiswa.[ryn]


Kirim Komentar