UPT BKK Gelar Bootcamp Pembekalan Mahasiswa Magang

SHARE:  

Humas Unimal
Peserta PMMB Batch II Tahun 2022 Unimal mengikuti pembekalan secara daring, Sabtu (16/7/2022). Foto :Ist

UNIMALNEWS I Lhokseumawe- Menindaklanjuti persiapan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II Tahun 2022, Unit Pelayanan Teknis Bimbingan Karier dan Kewirausahaan (UPT-BKK), Universitas Malikussaleh mengadakan Bootcamp pembekalan. Kegiatan pembekalan mahasiswa magang dilaksanakan secara Daring dari 16 sampai 30 Juli 2022. Bootcamp pembekalan juga menghadirkan pakar berpengalaman dengan berbagai kajian materi yang dapat membekali mahasiswa bekerja di BUMN.

Kepala UPT BKK Unimal, Sulaiman MHum yang mewakili rektor membuka kegiatan Bootcamp pembekalan PMMB Batch II Tahun 2022 mengatakan kegiatan tersebut sangat urgen dilakukan untuk memberi penguatan pemahaman kepada mahasiswa magang tentang dunia kerja di BUMN. Dengan demikian peserta PMMB akan mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan pola kerja perusahaan dimana mereka nantinya akan ditempatkan. Bekal ilmu yang didapat dalam Bootcamp pembekalan akan membantu peserta magang untuk mempersiapkan diri memasuki dunia industri.  “Mereka nantinya akan terbiasa dengan berbagai pengalaman kerja di perusahan-perusahaan besar, terutama di BUMN” ujarnya.

Banyak ilmu dari berbagai materi yang dipaparkan oleh beberapa tutor dalam Bootcamp pembekalan PMMB Batch II Tahun 2022 yang bisa didapatkan mahasiswa. Seperti bagaimana cara membangun etos kerja yang baik sebagai peserta magang, membuat curriculum vitae yang mampu dilacak oleh sistem aplikasi, etika bekerja dan mengenal budaya perusahaan, serta peserta wawancara idaman interviewer. Dalam kegiatan tersebut, peserta PMMB Batch II juga berbagi pengalaman dengan Peserta PMMB Batch I yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan magang.

Sementara pemateri dalam kegiatan Bootcamp pembekalan, Lailan Fajri Saidina M.I.Kom dan Indah Elfariani S.Psi menyampaikan bahwa etos kerja sangat penting di perusahaan, karena akan menjadi tolak ukur untuk melakukan  pekerjaan dengan baik dan berkualitas. Karena imbasnya akan meningkatkan mutu perusahaan dan bisa bertahan dengan berbagai persaingan atau berkompetisi.  Bagi mahasiswa magang etos kerja sudah harus dipahami sejak dini agar tujuan utama dalam mengikuti magang tercapai. Salah satunya adalah upaya mendapatkan tiket panggilan kerja di tempat mahasiswa melakukan magang, “ungkap keduanya.

Sedangkan pemateri lainnya Dana Syahputra ST dan Yuni Sulistiya Wati ST lebih menguatkan pemahaman tentang CV ATS atau CV yang secara otomatis dapat disortir melalui sebuah aplikasi yang disebut ATS. Aplikasi ini yang sering digunakan oleh perusahaan untuk membantu proses rekrutmen. [ded]


Berita Lainnya

Kirim Komentar