Unimal Buka Pendaftaran Calon Satgas PPKS

SHARE:  

Humas Unimal
Pansel PPKS Unimal sedang melakukan rapat setelah dibentuk berdasarkan SK Rektor, 10 Agustus 2022. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh membuka pendaftaran untuk menjadi anggota Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) periode 2022-2024. Proses sosialisasi dan pendaftaran dimulai 11 – 19 Agustus 2022.

Pengumuman itu disampaikan ketua Panitia Seleksi (Pansel) Satgas PPKS Unimal, Prof Dr M Sayuti, MSc IPM kepada Unimalnews, Sabtu (13/9/2022). Kegiatan pembentukan Satgas ini sendiri merupakan bagian dari implementasi konstitusi pasal 29G ayat (2) UUD, bahwa setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia, maka Negara terutama pemerintah bertanggung jawab untuk menghormati, melindungi, membela, dan menjamin HAM setiap warga negara tanpa diskriminasi.

Pembentukan Satgas ini sendiri secara nasional merupakan bagian dari respons publik dan pelbagai laporan tentang masih maraknya praktik kekerasan, terutama seksual di pelbagai jenjang pendidikan, mulai usia dini hingga pendidikan tinggi. Laporan Komnas Perempuan menunjukkan bahwa sejak rentang 2015-2020, pada tingkat universitas saja ada 27 persen kasus kekerasan seksual yang terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan tinggi tidak kedap atas praktik kekerasan seksual, terutama yang menimpa perempuan.

Sementara itu, sekretaris Pansel, dr Rizka Sofia, meminta sivitas akademika yang memiliki kepedulian dan gairah untuk menciptakan kampus bersih dari kasus kekerasan seksual untuk mendaftar menjadi calon Satgas PPKS. “Inilah salah upaya untuk mendedikasikan diri pada Unimal sebagai kerja pengabdian dan menciptakan iklim ilmiah tanpa praktik dan budaya kekerasan,” ungkapnya.

Adapun tanggal pendaftaran untuk menjadi calon Satgas PPKS telah dibuka dan akan ditutup pada 19 Agustus 2022. Setelah itu ada pengumuman hasil seleksi (administrasi) 23 Agustus , dan wawancara kepada calon Satgas pada 22 Agustus. Terakhir akan dilakukan survei publik untuk menguji calon Satgas sebelum di-SK-kan oleh Rektor Unimal.

Pendaftaran bisa dilakukan secara luring dengan mendaftarkan sekretariat Pansel di Biro Rektorat Unimal, Jalan Irian, Kompleks Bukit Indah, Lhokseumawe atau secara online melalui tautan https://s.id/pendaftaranSatgasPPKS_Unimal2022. Ada beberapa berkas yang perlu dilengkapi untuk mendaftar yang dapat dibaca pada pedoman Juknis melalui tautan  https://s.id/juknisSatgasPPKS_Unimal2022 . Hal-hal belum jelas dapat mengubungi Pansel dengan nomor whatsapp 081269122494 (dr Rizka Sofia). [tkf]


Kirim Komentar