Mahasiswa Unimal Terbanyak Diterima Magang di PT Inalum

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi, termasuk dari Universitas Malikussaleh, diterima magang di PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Jumat (23/9/2022). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Asahan – Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) sejumlah perguruan tinggi dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), kembali berlangsung. Tahun ini, Universitas Malikussaleh mendapatkan “jatah” terbanyak di antara perguruan tinggi lainnya.

Universitas Malikussaleh sudah bermitra dengan PT Inalum sejak 2020 ketika PMMB digulir. Untuk tahun ini, jumlah mahasiswa Universitas Malikussaleh yang magang di perusahaan BUMN tersebut sebanyak delapan mahasiswa dari 24 peserta yang diterima. Kedelapan mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi Informatika 4 mahasiswa, Manajemen 2 mahasiswa, serta Administrasi Bisnis, dan Ilmu Komunikasi masing-masing 1 mahasiswa.

Sementara, perguruan tinggi lain yang diterima magang di PT Inalum berasal dari Universitas Sumatera Utara 6 mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebanyak 6 mahasiswa,Universitas Bung Hatta 2 mahasiswa, serta Institut Teknologi Sepuluh November,  dan Universitas HKBP Nommensen Medan masing-masing 1 mahasiswa.

Pembukaan PMMB Bacth-2 tahun 2022 di PT Inalum berlangsung secara daring pada Jumat (23/9/2022).  Kepala Unit Pelayanan Teknis Bimbingan Karier dan Kewirausahan Universitas Malikussaleh, Dr Sulaiman, menyebutkan PMMB merupakan program sinergi  yang saling menguntungkan karena sumber daya manusia unggul yang lahir dari program ini dapat menjadi alternatif dalam rekruitmen pegawai BUMN di masa mendatang.

“Institusi  perguruan tinggi yang bergabung dalam program ini mendapat banyak manfaat seperti peningkatan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan yang diterima langsung oleh mahasiswa. Ketika mahasiswa lulus, mereka memiliki kompetennsi dan daya saing untuk memasuki dunia kerja,” ujar dosen Fakultas Hukum tersebut.

Ia mengingatkan kepada mahasiswa yang mendapatkan kesempatan magang agar mengikuti nilai-nilai yang dibangun PT Inalum seperti memperkuat akhlak, amanah, kompeten, harmonis, loyak, adaptif, dan kolaboratif. Menurutnya, nilai-nilai tersebut menjadi mata uang yang berlaku di mana saja sehingga menjadi modal bagi mahasiswa ketika membangun karier di berbagai bidang.   

Secara terpisah, Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra, Asean Eng mengingatkan bahwa program magang PMMB sangat mendukung Indikator Kenerja Utama (IKU). “Jadi diharapkan program tersebut akan terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak perusahaan, terutama BUMN,” ujarnya.

Program PMMB Badan Usaha Milik Negara merupakan inisiasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sebagai salah satu implementasi program “BUMN Hadir untuk Negeri”. PMMB BUMN dihadirkan untuk menjawab tantangan sumber daya manusia BUMN di masa mendatang, menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni melalui Pemagangan di BUMN, serta mencetak SDM berjiwa kewirausahaan dan berdaya saing global. [ayi]

Baca juga: Antropologi Unimal Serahkan Mahasiswa Magang Kepada 13 Instansi Secara Daring


Berita Lainnya

Kirim Komentar