Mahasiswa KKN 01 Berikan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik Cair di Gampong Alue Rambee

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 01 Berikan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik Cair di Gampong Alue Rambee

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Enam belas mahasiswa Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 01 di Gampong Alue Rambee, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara melakukan penyuluhan pembuatan pupuk organik cair (POC) berbahan dasar limbah kulit rambutan, Selasa, (22/11/2022). 

Nurul Febry Ananda selaku koordinator acara mengatakan, penyuluhan ini bertujuan untuk membangun dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengolah sampah organik, salah satunya adalah limbah rambutan yang banyak ditemukan di Gampong Alue Rambee. Kondisi inilah yang mendorongnya dan teman sekelompoknya untuk mengadakan penyuluhan pembuatan POC.

"Alih-alih hanya membuang limbah kulit rambutan, kita dapat melakukan pengolahan terhadap limbah tersebut. Limbah nantinya dapat memberi manfaat bagi lingkungan," kata Nurul.

Ia menyebutkan, pembuatan POC berbahan dasar limbah kulit rambutan sangat sederhana untuk dibuat serta bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah untuk didapatkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan berupa limbah kulit rambutan, EM4, larutan gula merah, serta air. Adapun langkah pembuatannya ialah potong kulit rambutan menjadi beberapa bagian, tambahkan air sebanyak 1 liter ke dalam kulit rambutan yang terkumpul di ember atau hingga kulit rambutan tersebut tenggelam. Lalu, tambahkan EM4 sebanyak 50 ml dan larutan gula merah sebanyak 50 ml. Kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tutup ember rapat dan diamkan selama 2 minggu. Setiap seminggu sekali, lakukan pengadukan terhadap POC yang dibuat, dan setelah 2 minggu, POC sudah siap untuk digunakan.

Dengan adanya kegiatan ini, Nurul dan rekan-rekannya sangat berharap masyarakat tidak membuang limbah kulit rambutan secara sembarangan lagi. 

"Saya berharap, masyarakat di Alue Rambee dapat mengolah limbah kulit rambutan ini menjadi POC, karena begitu banyak manfaat yang terdapat dalam POC kulit rambutan yaitu membantu atau merangsang pembentukan buah pada tanaman, menambah unsur hara dalam tanah, dan memacu pertumbuhan akar tanaman. Serta POC ini juga dapat dibuat dari limbah sayuran ataupun buah-buahan lainnya dengan tata cara yang sama," tambahnya.[tmi]


Kirim Komentar