Dukung KWT, Mahasiswa KKN Tematik 10 Bantu Pembukaan Lahan Baru

SHARE:  

Humas Unimal
Dukung KWT, Mahasiswa KKN Tematik 10 Bantu Pembukaan Lahan Baru

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Malikussaleh Kelompok 10 bersama geuchik, Tuha Peut, dan Kelompok Wanita Tani (KWT) membuka lahan pertama di Gampong Geulumpang Sulu Barat, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (15/11/2022). 

Pembentukan KWT di Gampong Geulumpang Sulu Barat bertujuan untuk mengaktifkan sumber daya masyarakat, khususnya ibu-ibu agar dapat mengolah lahan untuk kebutuhan sayur-mayurnya.

Ketua kelompok 10, Fajrul Jamil, mengatakan bahwa program yang telah direncanakan oleh Gampong berupa pembentukan KWT untuk Gampong bersama Mahasiswa KKNT dalam upaya pemberdayaan masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan berupa sayur-mayur untuk Gampong. Mahasiswa KKNT berperan mengajar dan belajar bersama dalam proses pembukaan dan pengolahan lahan kedepannya. 

“Kami membentuk dan mengolah lahan agar menjadikan tanah sehat yang siap untuk ditanami berbagai tanaman pangan berupa sayur-mayur,” katanya. 

Lanjutnya, program pembukaan lahan untuk ditanami sayur-mayur merupakan hal yang sangat efektif untuk mengaktifkan kegiatan ibu-ibu di bidang pertanian, baik sekedar memenuhi kebutuhan dapur atau bahkan jika sukses bisa dijadikan sumber pendapatan tersendiri bagi ibu-ibu untuk hasil sayur-mayurnya.  

Dosen Pembimbing Lapangan KKNT kelompok 10, Dr Marlia Sastro MHum mendukung penuh kegiatan mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program gampong dengan mengajak ibu-ibu dalam bertani, juga berupaya membantu semaksimal mungkin baik tenaga maupun ilmu yang belum terlalu banyak dalam hal pertanian. Kegiatan ini juga dibimbing langsung oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Kecamatan Dewantara. 

“Diharapkan warga gampong dapat terus menjalankan program KW dalam upaya menjaga mutu ketahanan pangan,” pungkasnya. [tmi]


Kirim Komentar