Di PTPN IV Kebun Dolok Sinumbah,Mahasiswa PKL Unimal Belajar Tata Cara Pemupukan Dolomit pada Tanaman Kelapa Sawit

SHARE:  

Humas Unimal
Di PTPN IV Kebun Dolok Sinumbah,Mahasiswa PKL Unimal Belajar Tata Cara Pemupukan Dolomit Pada Tanaman Kelapa Sawit

UNIMALNEWS?Simalungun – Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) Di PTPN IV Kebun Dolok Sinumbah,Kecamatan Huta Bayu Raja, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara (30/01/2023).

Mahasiswa PKL beranggotakan 6 orang yaitu Alfredo Sardion Simarmata, Alifiyah Kahna Lestari, Amyra Arsofdin Anwar, Fadhilah Harahap, Rewita Sari Damanik dan Meuthia Arifah Kasim ini dibimbing oleh Zurrahmi Wirdah MP dan Dr Muliana MP.

Mahasiswa akan mengikuti PKL selama 1 bulan penuh.Terhitung dari tanggal 09 Januari sampai 09 Februari 2023. Di Akhir pelaksanaan PKL mahasiswa diminta untuk mengikuti ujian akhir yang diberikan oleh Rudi SH Selaku Asisten Pembimbing Lapangan.

Pada kegiatan ini mahasiswa dibimbing langsung oleh Mandor 1 afdeling II Kebun Dolok Sinumbah.Pemupukan ini diberikan untuk Tanaman Menghasilkan (TM). Beliau mengatakan “fungsi dari pemberian pupuk Dolomit ini adalah untuk menetralkan pH tanah serta memperbaiki struktur tanah. Pengaplikasian Pupuk Dolomit ini dilakukan 1 tahun dua kali,setelah itu dilanjutkan dengan pemberian pupuk NPK, Boraks dan Urea”.

Alfredo, selaku mahasiswa PKL mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat,karena dapat menambah pengetahuan mengenai dosis pemberian pupuk per pokok serta cara pengaplikasian pupuk tersebut.

"Selama kegiatan pemupukan mahasiswa PKL diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan pupuk dolomit ke tanaman secara bergantian,agar semua mahasiswa dapat mengetahui cara pengaplikasian pupuk Dolomit yang baik dan benar.[tmi]


Kirim Komentar