Ini yang Dilakukan Mahasiswa PKL Pertanian di PTPN III Kebun Rambutan

SHARE:  

Humas Unimal
Ini yang Dilakukan Mahasiswa PKL Pertanian di PTPN III Kebun Rambutan

UNIMALNEWS | Tebing Tinggi - Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Malikussaleh Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PTPN III Kebun Rambutan Afdeling VII , Sumatera Utara, Kamis (02/02/2023).

Mahasiswa dalam kelompok PKL ini adalah Indah Permata Sari Panjaitan, Tiara Zahra Nabilla dan Dicky Irwansyah dengan konsentrasi Hama Penyakit Tanaman dibimbing oleh dosen M. Muaz MP dan kemudian yang terakhir yaitu Syindy Wulandari dengan konsentrasi Agronomi dibimbing oleh dosen Khaidir MSi.

Salah satu mahasiswa PKL, Tiara Zahra Nabilla mengatakan bahwasanya kegiatan PKL ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, menambah wawasan ilmu yang baru serta menambah pengalaman yang baru untuk mahasiswa PKL terutama dalam dunia perkebunan dengan komoditi kelapa sawit dan karet.

“Selama berlangsungnya kegiatan PKL, kami mendapatkan banyak wawasan baru seperti mengikuti kegiatan polenisasi kelapa sawit, manajemen pengendalian gulma kelapa sawit  (chemist dan dongkel), menentukan AKP (Angka Kerapatan Panen) pada tanaman kelapa sawit. Tidak hanya itu, pada komoditi karet, kami melakukan kegiatan penyadapan, menghitung sampel kadar air, pengangkutan dan penimbangan lateks,” ungkapnya.

Kegiatan PKL ini juga tidak luput dari pengawasan dan bimbingan Misriono selaku mandor pemanenan, Ariel selaku mandor karet, dan Abdul Rohim selaku Asisten Kebun di PTPN III Kebun Rambutan Afdeling VII.

“Di Perkebunan PTPN III Kebun Rambutan ini kami berharap setiap mahasiswa dapat mengambil ilmu sebanyak-banyak selama sebulan ini. Baik dari proses pemeliharaan pra-panen hingga pasca panen pada komoditi kelapa sawit dan karet,” jelas Abdul Rohim sebagai Asisten Kebun PTPN III Afd VII.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar