Kelompok 37 KKNT Unimal Launching Lancang Garam E-Government

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 37 KKNT Unimal Launching “Lancang Garam E-Government”

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 37 Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi sekaligus launching program sistem informasi kepada pemerintah Gampong Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Senin (6/2/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Aparatur Gampong  Lancang Garam, dan Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok KKNT 37 Universitas Malikussaleh, Muhammad Fazil.

Sophi Irmayanti salah satu mahasiswa KKN mengatakan, program dengan nama “Lancang Garam E-Government” ini dicetuskan setelah  melihat dan mengamati sistem penyimpanan data warga yang masih dilakukan secara manual dan hanya menggunakan aplikasi excel, sehingga membutuhkan waktu yang lama serta memungkinkan terjadinya kesalahan data pada saat proses penginputan.

Muhammad Fazil selaku dosen pembimbing lapangan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan harapannya terkait dengan peluncuran program Lancang Garam E-Government.

“Saya apresiasi kepada mahasiswa sudah berbuat hal yg luar biasa,semoga kedepannya nanti bisa ditambahkan fitur fitur yg lebih banyak lagi sehingga dapat lebih mempermudah pekerjaan aparatur desa,” kata Muhammad Fazil

Dengan diciptakannya Lancang Garam E-Government nantinya seluruh data penduduk dapat disimpan dan diolah di sistem informasi ini , agar lebih memudahkan para pihak yang mengelola administrasi di desa dalam menyimpan data penduduk.

M. Taufik Triansyah selaku Aparatur Gampong menjelaskan bahwa aplikasi seperti ini sangat penting untuk dikembangkan dan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN kelompok 37.

“Program seperti ini sangat membantu kami dalam meminimalisir adanya kesalahan pada data penduduk didesa dan kedepannya fitur fitur dalam program bisa ditambahkan lagi sesuai dengan kebutuhan di Lancang Garam,” tutur Taufik.

Lebih lanjut, Taufik berharap supaya program yang diciptakan dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk Gampong Lancang Garam kedepannya dan mewujudkan kemudahan desa dalam mengakses data penduduk nya, serta jika dimungkinkan masyarakat Lancang Garam bisa mengakses administrasi surat menyurat seperti surat domisili pengantar KTP dan surat keterangan lainnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar