Praktek di PT Simpang Kiri Plantation, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Pertanian

SHARE:  

Humas Unimal
Praktek di PT Simpang Kiri Plantation, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Pertanian

UNIMALNEWS | Tamiang - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT Simpang Kiri Plantation Indonesia, Aceh Tamiang, Jumat (10/2/2023).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok ini yaitu Ayu Puspita Zulmi konsentrasi ilmu tanah dengan Dosen Pembimbing Dr Ir Halim Akbar, Alfi Syahra, Nur Aminsyah Ginting, dan Kelvin Maulana konsentrasi Agronomi dengan Dosen Pembimbing Dr Hafifah MP.

Salah satu mahasiswa PKL Nur Aminsyah Ginting mengatakan bahwa di perusahaan itu pihaknya melakukan kegiatan kalibrasi flawret MHS dan SA-15. Tujuannya untuk menentukan takaran pestisida secara tepat, mencegah pemborosan dan penyeragaman perhitungan aplikasinya. Kalibrasi ini juga dapat menentukan berapa volume semprot yang diperlukan.

“Dalam kesempatan itu kami dapat lebih memahami tentang bagaimana melakukan kalibrasi flawret MHS dan SA-15. Kami juga diberi tahu kapasitas dari berbagai macam KEP dan Nozzle,” katanya.

Lanjut Aminsyah, dalam kesempatan itu mahasiswa juga dapat melihat kalibrasi secara langsung, dan lebih memahami cara untuk menentukan takaran pestisida secara tepat.

Asisten divisi 3, Irman V Silalahi mengatakan, kegiatan kalibrasi dilakukan dua minggu sekali setelah putaran atau seluruh lahan telah selesai dilakukan penyemprotan.

“Dalam kesempatan ini kalibrasi dilakukan dengan menggunakan kep MHS dengan nozzle deflector red VLV 200 untuk penyemprotan CnP dan menggunakan KEP SA-15 dengan nozzle Hollow Cone Kuning untuk penyemprotan anak kayu,” pungkasnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar