Prodi Antropologi Unimal Sosialisasikan Ecological Awareness kepada Siswa SMA

SHARE:  

Humas Unimal
Prodi Antropologi, Fisipol, Unimal mengadakan sosialisasi terkait kesadaran lingkungan kepada siswa SMA Negeri 5 Lhokseumawe pada Kamis (16/03/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Antropologi, Jurusan Antropologi dan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh mengadakan sosialisasi terkait kesadaran lingkungan kepada siswa SMA Negeri 5 Lhokseumawe pada Kamis (16/03/2023). 

Kegiatan yang bertema "Daya dukung Lingkungan dan Tantangannya bagi Generasi Emas 2045” ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Antropologi Sedunia serta memperkenalkan antropologi kepada siswa-siswi di sekolah tersebut.

Ketua Program Studi Antropologi, Ade Ikhsan Kamil MA mengatakan bahwa pengabdian ini sebagai upaya untuk peningkatan pengetahuan terhadap lingkungan ( ecological awareness ) bagi generasi muda. 

"Ada banyak cara efektif untuk meningkatkan kesadaran lingkungan untuk remaja,  salah satunya seperti yang kami lakukan yaitu  mengobrolkan pengetahuan melalui pengalaman masyarakat dalam bentuk visual", terang Ade.

Kegiatan tersebut dipandu oleh beberapa mahasiswa tingkat akhir dan para dosen Prodi Antropologi. Kegiatan ini juga menghadirkan sesi nonton film dokumenter etnografi yang menceritakan keasrian alam yang terjaga dengan baik melalui adat istiadat. 

Sindy Kurnia Widia, mahasiswa Antropologi angkatan 2019 menjelaskan bahwa film yang ditonton oleh para siswa merupakan gambaran atas upaya pelestarian, fasilitasi dan transmisi pengetahuan untuk siswa melalui penguatan budaya untuk menjaga lingkungan. 

"Antropologi merupakan salah satu ilmu penting dalam pembangunan manusia di Indonesia,   Antropologi ada di kehidupan sehari-hari dan mengalir di kehidupan, karena banyak tradisi, kebudayaan, dan kebiasaan yang kita lakukan membuat kita menjadi manusia pembelajar" ucap Sindy. 

Acara sosialisasi ini ditutup dengan tanya jawab interaktif antara pemateri dan peserta. [fzl/kur]


Kirim Komentar